Tips Untuk Para Fresh Graduate Yang Ingin Punya Rumah

0
1950
Tips Untuk Para Fresh Graduate Yang Ingin Punya Rumah

Tips Untuk Para Fresh Graduate Yang Ingin Punya Rumah – Setelah lulus dari kuliah, pastinya anda sudah terjun ke realita kehidupan. Dimana semuanya sudah tergantung pada usaha anda sendiri dan tidak lagi di sokong oleh orang tua. Pastinya anda harus lebih waspada dalam kehidupan anda.

Pada pekerja baru seperti ini, walaupun sudah ada penghasilan sendiri, namun gaji anda pastinya masih berada di bawah rata-rata sehingga butuh pengelolaan secara matang. Maka dari itu, finansial anda harus selalu fit untuk bisa menabung.

Berikut ini Tips untuk Para Fresh Graduate Yang Ingin Punya Rumah

Atur Pengeluaran Anda

Cobalah untuk mencatat pengeluaran anda setiap bulannya. Tetapkan setiap bulan itu anda melakukan berapa pengeluaran. BIasanya itu mencakup 30 hingga 40% dari penghasilan. Dengan mencatat semuanya, maka nanti anda akan lebih mudah mengestimasi jumlah uang yang dapat anda tabung setiap bulannya.

Sistem Autodebet

Menabung merupakan hal yang sulit, seringkali bertabrakan dengan hal yang kita inginkan. Agar tetap bisa rutin menabung, ada baiknya anda membuka tabungan khusus berjangka yang menggunakan sistem autodebet. Lakukanlah autodebet di tanggal anda mendapatkan gaji. Dengan begitu, anda tidak akan terlewat untuk menabung. Karena uang anda sudah terdebet dari bank, sehingga anda tidak mungkin menarik uang anda lagi.

Tahan Untuk Tidak Belanja Selama 6 bulan

Setiap bulan pastinya ada saja godaan belanja. Apalagi ketika musim diskon. Tapi ada pepatah mengatakan bahwa susah-susah dahulu, bersenang senang kemudian. Tahanlah keinginan anda untuk belanja selama 6 bulan pertama  pada gajian anda sehingga anda hanya dapat menggunakan pengeluaran tetap anda. Alokasikan dana belanja anda untuk menabung. Hanya dengan 6 bulan tanpa belanja, dijamin tabungan rekening anda akan membengkak.

Membawa Bekal

Anda juga harus mengirit pengeluaran anda dengan membawa bekal ke kantor. Mungkin ini terdengar agak sepele tapi ini cukup ampuh juga untuk anda yang baru bekerja. Mungkin ada beberapa perusahaan yang memberikan uang makan dan transportasi untuk para karyawaannya. Jika anda bisa membawa bekal ke kantor setiap hari, maka anda bisa mengalokasikan uang makan anda itu untuk di tabung setiap bulan.

Berinventasi

Investasi kali ini bukan lah hanya untuk pekerja dengan jabatan tinggi dan gaji besar. Sebagai pekerja pemula, bisa ikut investasi juga kok. Apalagi sekarang ini banyak produk-produk investasi yang terpercaya dengan menawarkan premi minimum yang sangat terjangkau. Untuk pemula anda bisa mengikuti produk investasi reksa dana pasar uang. Pada jenis investasi ini bisa dimulai dengan setoran 100 ribu setiap bulannya. Pada umumnya, investasi biasanya memberikan keuntungan lebih besar dibanding dengan menyimpan uang di bank dengan bunga per tahun.