10 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2017

0
2161
10 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2017

10 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2017 – Gartner, perusahaan riset teknologi informasi, telah mengungkapkan prediksi teknologi yang akan menjadi tren di tahun 2017. Tahukah kamu, Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan (AI) dan Advance Machine Learningmemuncaki urutan paling atas.

Seperti yang kamu lihat, perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Microsoft, Facebook, Apple, dan Amazon, mereka berlomba-lomba mengembangkan algoritma berbasis kecerdasan buatan. Contoh yang terbaru adalah ponsel google yang dilengkapi Google Assistant. Lebih lanjut, berikut 10 tren teknologi industri 2017 menurut prediksi Gartner

Baca juga : Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Paling Ampuh Sejauh Ini

Tren Teknologi Industri 2017 Menurut Prediksi Gartner

1. AI dan Advanced Machine Learning

teknologi-menjadi-tren-2017-1

Machine Learning adalah cabang lanjutan Artificial Intelligent (AI), yang mencakup sistem lebih canggih seperti mampu memahami, mempelajari, memprediksi, beradaptasi, dan berpotensi beroperasi secara mandiri. Machine learning ini diprediksi mampu mengubah perilaku masa depan, yang mengarah pada penciptaan perangkat dan program yang lebih cerdas. Gartner memprediksi AI dan Machine Learning akan lebih banyak digunakan pada robot, kendaraan mandiri, elektronik untuk konsumen, virtual personal assistants, dan smart advisors.

2. Intelligent Apps

teknologi-menjadi-tren-2017-2

Contoh dari Intelligent Apps adalah virtual asisten yang akan membuat hidup kita lebih mudah. Bahkan Gartner memperkirakan bahwa asisten masa depan berpotensi mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan tugas sehari-hari. Dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, setiap aplikasi dan layanan akan menggunakan beberapa jenis AI.

3. Intelligent Things

teknologi-menjadi-tren-2017-3

Intelligent Things umumnya akan diterapkan di perangkat seperti drone, kendaraan mandiri, dan smart appliances. Seperti halnya Intelligent Apps, Intelligent Things juga mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning. Berbagai perangkat dan peralatan cerdas bakal terus bermunculan dan semakin populer.

4. VR dan AR

teknologi-menjadi-tren-2017-4

Sekarang ini, teknologi VR dan AR ibaratnya baru terlahir. Jadi wajar saja, jika pengalaman menggunakan teknologi Virtual Reality maupun Augmented Reality belum maksimal. Gartner memperkirakan bahwa kedua teknologi tersebut akan terus berkembang dan puncaknya tahun 2021 mendatang.

5. Digital Twin

teknologi-menjadi-tren-2017-5

Digital Twin mengacu pada software yang lebih dinamis, baik dari hal fisik maupun sistemnya. Digital Twin akan menggunakan data yang disediakan oleh sensor untuk memahami keadaan, merespon perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai. Mereka akan digunakan untuk perencanaan jasa dan memperbaiki peralatan untuk operasi pabrik, dan meningkatkan efisiensi. Mereka akan menggantikan kombinasi sumber daya manusia yang terampil dan perangkat monitoring tradisional.

10 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2017

6. Blockchain

teknologi-menjadi-tren-2017-6

Blockchain adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik. Blockchain menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin. Ke depannya Blockchain akan menggabungkan proses yang beragam, mencakup konsep middleware, database, keamanan, analisis/AI, manajemen moneter, dan identitas.

7. Conversational System

teknologi-menjadi-tren-2017-7

Di masa depan, Chatbot akan semakin banyak diadopsi. Chatbot sendiri adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasi sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan visual.

8. Mesh App and Service Architecture

teknologi-menjadi-tren-2017-8

Tim aplikasi harus membuat arsitektur modern yang baru untuk memberikan kinerja aplikasi yang gesit, fleksibel, dan dinamis untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Dalam hal ini, Mesh App and Service Architecture ada untuk menyeimbangkan permintaan dan stabilitas layanan.

9. Digital Technology Platforms

teknologi-menjadi-tren-2017-9

Digital Technology Platforms ibaratnya pondasi bangunan dalam bisnis digital. Setiap organisasi pasti memiliki 5 fokus utama, yakni information systems, customer experience, analytics and intelligence, IoT, dan business ecosystems. Perusahaan harus mengidentifikasi bagaimana platform industri akan berkembang dan merencanakan cara untuk mengembangkan platform mereka guna memenuhi tantangan bisnis digital.

10. Adaptive Security Architecture

teknologi-menjadi-tren-2017-10

Perkembangan IoT dan teknologi cerdas lainnya, tentunya harus diimbangi dengan sistem keamanan baru dan keamanan di lingkungan IoT adalah merupakan tantangan besar. Tim keamanan harus menciptakan solusi karena semua hal bakal berhubungan satu sama lain.

Itulah 10 tren teknologi industri 2017 menurut prediksi Gartner yang membawa dampak strategis bagi perusahaan. Menurut kamu, nomor berapa yang paling keren?

Inilah artikel tentang 10 Teknologi yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2017

sumber : jalantikus.com