4 Tips Membersihkan Sofa Kotor Yang Efektif dan Efisien

0
95
4 Tips Membersihkan Sofa Kotor Yang Efektif dan Efisien

4 Tips Membersihkan Sofa Kotor Yang Efektif dan Efisien – Noda atau bercak kotor pada sofa tentu bisa merusak tampilan sofa di rumah. Banyak hal yang bisa menyebabkan sofa menjadi kotor. Salah satunya adalah noda membandel. Tak hanya itu saja, polutan dari setiap sudut rumah seperti asap dari dapur, debu dari luar rumah hingga bulu hewan peliharaan juga bisa membuat sofa menjadi kotor.

Sela-sela sofa juga menjadi salah satu bagian sofa yang paling kotor meski tidak terlihat. Oleh karena itu, sebaiknya sediakan waktu untuk membersihkan sofa secara rutin. Kamu juga harus memastikan pembersih yang aman untuk jenis sofa kamu agar tidak rusak. Penasaran bagaimana saja tipsnya? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga :


Berikut 4 tips membersihkan sofa kotor yang efektif dan efisien

Bersihkan dengan vacuum cleaner

Salah satu cara paling mudah dan efektif untuk membersihkan sofa adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Pastikan untuk menghisap semua debu yang ada pada bahan sofa. Tak hanya pada permukaan saja, bagian dalam dan sela-sela sofa juga harus dibersihkan. Sebaiknya gunakan vacuum cleaner handheld agar lebih mudah menjangkau sudut-sudut yang sulit terjangkau.

Gunakan detergen dan alkohol untuk bersihkan noda pekat

Jika terdapat noda pekat membandel pada bahan sofa, jangan asal dalam membersihkannya. Kamu hanya perlu menggunakan campuran air dan detergen untuk noda biasa. Pastikan tidak menggosok atau menyikat sofa agar bahan sofa tidak rusak.

Untuk noda yang lebih pekat dan membandel seperti tinta atau cat, kamu bisa keringkan dahulu noda tersebut dengan hair dryer. Setelah itu, bersihkan dengan campuran detergen dan alkohol sama seperti cara sebelumnya.

Gunakan campuran air dan cuka

Untuk noda membandel, kamu juga bisa menggunakan campuran air dan cuka. Bersihkan bahan sofa berulang kali hingga noda menghilang. Setelah bersih, keringkan dengan setrika uap agar tidak meninggalkan bau pada sofa.

Gunakan selotip

Untuk membersihkan sofa dari bulu hewan peliharaan, cara termudah adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Bagi kamu yang tidak memiliki vacuum cleaner, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan selotip. Gunakan bagian lengket dari selotip untuk mengangkat bulu-bulu hewan yang menempel pada sofa.

Itulah 4 tips membersihkan sofa kotor yang efektif dan efisien. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY