5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Merancang Tangga yang Ramah Anak

0
522
5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Merancang Tangga yang Ramah Anak

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Merancang Tangga yang Ramah Anak – Tangga merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika merancang sebuah rumah. Loh memangnya kenapa? Jika kamu salah dalam merancang tangga di rumah, bisa-bisa berakibat fatal terhadap kesehatan penghuni rumah.

Salah satunya adalah membuat penghuni mudah merasa lelah atau bahkan yang lebih bahaya adalah risiko tergelincir ketika menaiki tangga. Apalagi kalau kamu memiliki anak kecil di rumah.

Anak kecil memiliki rasa ingin tahu yang besar dan memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi seisi rumah. Salah satunya adalah mencoba menaiki atau menuruni tangga sendiri. Jika desain tangga tidak dirancang dengan baik, hal tersebut bisa berakibat fatal terhadap keselamatan si kecil.

Lantas bagaimana sih merancang tangga yang baik dan ramah anak? Buat kamu yang penasaran, yuk simak aja langsung tipsnya berikut ini!

Baca Juga :


Berikut 5 hal yang harus diperhatikan ketika merancang tangga yang ramah anak

Perhatikan ukuran tangga

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum merancang tangga di rumah adalah memerhatikan ukuran tangga. Terdapat istilah optrade atau tinggi tanjakan anak tangga dan aantrade atau lebar pijakan anak tangga dalam merancang tangga.

Supaya memiliki tangga dengan kenyamanan yang ideal, maka ukuran tinggi anak tangga yang disarankan adalah 15-18cm. Sedangkan ukuran lebar anak tangga yang disarankan adalah 20-33cm. Jumlah anak tangga juga penting untuk diperhatikan. Untuk tangga yang ideal, disarankan untuk memiliki 15-20 buah anak tangga.

Ketinggian setiap anak tangga juga harus diperhatikan. Pastikan setiap anak tangga memiliki ketinggian yang sama karena jika tidak, maka dapat membahayakan pengguna bila tinggi tangga berbeda-beda.

Perhatikan kemiringan tangga

Kemiringan tangga juga penting untuk diperhatikan. Disarankan untuk membuat kemiringan tangga yang ideal dengan kemiringan 24-45 derajat. Namun rumah yang memiliki anak kecil lebih baik untuk membuat tangga yang lebih landai.

Kamu bisa menggunakan tangga dengan kemiringan 20-24 derajat. Namun dengan kemiringan seperti itu, otomatis jumlah anak tangga akan bertambah. Namun sudut kemiringan tersebut lebih aman untuk anak kecil.

Jarak antara Railing dan Baluster

Buat kamu yang tidak tahu apa itu Railing dan Baluster, Railing merupakan pegangan tangga dan Baluster merupakan pagar tangga. Kedua hal tersebut merupakan hal wajib yang mesti ada di tangga rumah. Terutama buat kamu yang memiliki anak kecil di rumah.

Untuk railing tangga, ketinggian idealnya adalah 90-100cm. Tinggi tersebut disesuaikan dengan tinggi orang dewasa supaya lebih nyaman ketika menyentuh railing. Selain nyaman, railing dengan ketinggian tersebut juga lebih aman dan mencegah anak-anak menaiki railing yang dapat berisiko membuat mereka jatuh.

Sedangkan jarak antar baluster tidak memiliki ketentuan. Namun supaya lebih aman, kamu bisa membuat jarak antar baluster sekitar 8-12cm. Supaya memiliki keamanan ekstra, kamu juga bisa tambahkan pagar pengaman ekstra di ujung tangga agar si kecil tidak bisa mengakses tangga.

Hadirkan bordes

Bordes merupakan area istirahat di tangga yang memiliki ukuran lebih lebar daripada anak tangga pada umumnya. Kehadiran bordes bisa membuat tangga di rumah menjadi lebih aman dan ramah anak. Kamu bisa menghadirkan bordes di setiap 10-12 anak tangga.

Selain menjadi tempat istirahat, bordes juga memungkinkan agar jika seseorang terjatuh di tangga tidak akan langsung terjatuh ke lantai dasar melainkan di bordes dahulu.

Pilih material anti slip

Material tangga yang baik dan aman adalah yang tidak licin. Sebisa mungkin hindari tangga yang terbuat dari material yang licin seperti marmer atau kayu dengan finishing yang terlalu tebal.

Untuk tangga rumah, material yang disarankan adalah material yang anti slip dan tidak licin seperti parket kayu, keramik non glossy, atau vinyl bertekstur.

Itulah 5 hal yang harus diperhatikan ketika merancang tangga yang ramah anak. Semoga bermanfaat! Untuk informasi properti atau rumah dijual lainnya silahkan kunjungi : Rumahdewi.com.

LEAVE A REPLY