Tips Membersihkan Dan Menghilangkan Noda Pada Lantai Kayu Laminasi

0
551

Tips Membersihkan Dan Menghilangkan Noda Pada Lantai Kayu Laminasi – Penggunaan lantai kayu laminasi semakin populer belakangan ini. Hal ini berkat semakin banyak orang yang tertarik untuk mendekorasi huniannya dengan gaya minimalis, industrial atau skandinavia yang identik dengan penggunaan lantai kayu laminasi. Lantai kayu laminasi sendiri merupakan lantai yang terdiri dari beberapa lapisan material yang direkatkan.

Lapisan pembentuk lantai ini snsediri terdiri dari lapisan pelindung, lapisan utama, material dekoratif dan film transparan. Lantai kayu laminasi terbuat dari serbuk kayu dan lem yang dipres. Kemudian nantinya akan diberi laminasi dengna paper decor yang bermotif kayu.

Karena lantai kayu laminasi yang terdiri dari beberapa lapisan, dibutuhkan cara khusus untuk merawat lantai ini. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga :


Tips Membersihkan Dan Menghilangkan Noda Pada Lantai Kayu Laminasi

Untuk membersihkan lantai kayu laminasi sebenarnya kurang lebih sama dengan lantai pada umumnya. Namun yang harus diperhatikan adalah arah sapuan. Menyapu pada lantai laminasi harus searah. Nah, cara lain yang lebih mudah dan lebih bersih adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Pastikan juga untuk mengubah mode vacuum cleaner menjadi soft brush agar dapat membersihkan debu dan partikel halus lebih efektif.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah penggunaan cairan kimia. Perlu diketahui, tidak semua cairan kimia bisa digunakan untuk membersihkan lantai kayu laminasi. Hindari penggunaan lilin, pemutih, atau produk akirilik supaya tidak merusak lantai kayu laminasi. Untuk mengepel sendiri sebaiknya pisahkan antara air bersih dan air kotor. Setelah dipel, gunakan kain microfiber untuk mengeringkan lantai sehingga tidak meninggalkan jejak basah.

Jika terdapat noda pada lantai kayu laminasi, terdapat beberapa tips untuk mengatasinya seperti :

Noda cairan

Anda bisa memanfaatkan alat pembersih jendela untuk membersihkan noda cairan seperti noda darah pada lantai kayu laminasi. Setelah itu lap dengan kain yang telah dibasahi. Kemudian lap dengan menggunakan kain bersih hingga kering.

Bekas lilin

Jika terdapat  bekas lilin pada lantai kayu laminasi, atasi dengan cara biarkan dahulu bekas lilin sampai mengeras, setelah itu keruk bekas lilin dengan menggunakan pisau plastik secara perlahan-lahan.

Permen karet

Untuk noda permen karet sendiri dibutuhkan penanganan khusus. Caranya adalah dengan menggunakan plastik berisi es batu untuk membekukan sisa permen karet. Setelah itu, keruk perlahan dengan pisau lastik secara perlahan.

Noda ringan

Untuk noda ringan seperti tinta, krayon atau cat kuku, anda bisa mengatasinya dengan alkohol. Caranya adalah gosokkan kain yang telah dibasahi dengan alkohol pada noda sampai menghilang.

Itulah tips membersihkan dan menghilangkan noda pada lantai kayu laminasi. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY