7 Cara Pintar Memilih Jenis Atap Rumah

0
2280
sumber : seekmi.com

7 Cara Pintar Memilih Jenis Atap Rumah

Memilih jenis atap rumah sebaiknya dilakukan dengan cermat, sebab atap rumah berfungsi sebagai penutup dan posisinya berada di luar ruangan. Sehingga atap rumah sebaiknya terbuat dari bahan yang kuat serta tahan terhadap segala cuaca. Berikut ini adalah cara pintar dalam memilih jenis atap rumah yang bisa Anda lakukan.

sumber : seekmi.com
sumber : seekmi.com

1. Kerangka Atap Rumah

Kerangka atap rumah memiliki peranan penting dalam membangun atap rumah. Struktur penyangga atap rumah harus bisa bertahan lama dari panasnya matahari serta kikisan air hujan. Selain itu, kerangka atap rumah juga harus kokoh sehingga bisa menopang atap rumah Anda dengan kuat. Sangat disarankan agar Anda memilih bahan yang berat seperti semen pada struktur penyangga atap tersebut.

Baca juga : Batu Alam untuk Dekorasi Interior dan Eksterior

2. Pertimbangkan Faktor Cuaca

Dalam memilih jenis atap rumah yang sesuai untuk bangunan hunian Anda, faktor cuaca adalah pertimbangan utama yang harus Anda perhatikan. Sebelum memutuskan jenis atap mana yang dipilih, terlebih dulu perhatikan cuaca serta suhu di kawasan rumah Anda sebab jenis bahan atap yang Anda pilih sangat mempengaruhi tingkat keawetannya.

3. Perhatikan Instalasi Atap

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis atap rumah adalah proses instalasi atau pemasangannya. Pasalnya beberapa jenis atap yang Anda jumpai di pasaran sulit untuk dipasang. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dengan seksama jenis atap mana yang cocok untuk rumah Anda dan tidak memakan banyak waktu untuk proses pemasangan. Sangat disarankan agar Anda menggunakan jasa tenaga ahli yang memang biasa dalam pemasangan atap rumah, sebab sang ahli tentu lebih tahu prosedur pemasangan atap dengan benar dan tepat. Selain itu, menggunakan tenaga ahli pemasangan atap rumah juga bisa menghemat waktu Anda.

sumber : seekmi.com
sumber : seekmi.com

4. Ketebalan Bahan Atap

Ketebalan yang ada pada atap rumah sangat beragam. Sebaiknya Anda memilih ketebalan bahan atap yang sesuai dengan keadaan rumah Anda. Pastikan jika ketebalan bahan atap juga tidak mengganggu nilai estetika rumah Anda sehingga tetap indah untuk dipandang mata. Semakin tebal bahan atap rumah yang Anda pilih maka daya tahan pemakaiannya pun semakin lama.

5. Garansi Dan Mutu Produk

Setiap orang, termasuk Anda, sudah tentu ingin membeli atap rumah dengan mutu produk yang terbaik dalam pemakaiannya nanti. Atap rumah yang baik adalah yang bisa bertahan lama, sehingga Anda tidak perlu berulang kali mengeluarkan uang untuk perbaikan atap rumah. Hal tersebut juga bisa dilakukan dengan memilih jenis atap rumah yang memiliki jaminan garansi produk yang dikeluarkan oleh toko ataupun produsennya.

6. Kualitas Bahan Atap

Banyaknya bahan yang biasa digunakan dalam membuat atap membuat Anda harus jeli dalam memilih atap rumah yang tepat untuk rumah Anda. Sehingga ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dulu kelebihan serta kekurangan dari masing-masing bahan atap yang ada di pasaran. Jangan ragu untuk menanyakan tentang kualitas bahan atap kepada orang-orang yang memang ahli dalam memilih bahan bangunan. Pastikan kalau Anda membandingkan masing-masing bahan pembuat atap dengan jenis bahan lainnya sehingga Anda betul-betul mendapatkan atap dengan bahan yang berkualitas.

sumber : seekmi.com
sumber : seekmi.com

7. Mempertimbangkan Harga

Cara pintar terakhir yang bisa Anda lakukan dalam memilih jenis atap rumah adalah dengan mempertimbangkan harga atap rumah pilihan Anda tersebut. Pilihlah atap rumah dengan harga yang sesuaikan dengan keadaan keuangan Anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa menghemat pengeluaran dalam membangun rumah. Jika Anda bisa memilih atap dengan kualitas terbaik dengan harga murah tentunya pengeluaran Anda pun bisa diminimalisir. Perlu dicatat bahwa tidak semua barang mahal memiliki kualitas yang bagus dan sebaliknya barang dengan harga murah belum tentu jelek mutunya.

Itulah tadi beberapa cara pintar yang bisa Anda lakukan dalam memilih atap rumah yang sesuai dengan bangunan rumah Anda. Dalam memilih atap rumah sebaiknya Anda tidak bersikap terlalu tergesa-gesa agar bisa mendapatkan atap rumah yang benar-benar sesuai dengan budget dan juga tidak merusak estetika rumah Anda. Atap rumah yang terletak di luar rumah Anda tentu bisa menciptakan image bagi tempat tinggal Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY