Begini Cara Mengetahui Jenis Kayu Padat Yang Asli

0
107
Begini Cara Mengetahui Jenis Kayu Padat Yang Asli

Begini Cara Mengetahui Jenis Kayu Padat Yang Asli – Perabotan dengan material kayu padat sudah semakin sulit ditemukan. Hal ini disebabkan karena banyaknya jenis material pengganti kayu padat yang lebih mudah didapat dan lebih murah tentunya. Salah satunya yakni kayu lapis,fiberglass, hingga plastik yang banyak dijadikan sebagai material perabotan.

Namun, perabotan dari kayu padat masih eksis hingga sekarang loh. Nilai plus dari perabotan kayu padat adalah daya tahan dan kekuatannya yang bagus serta tekstur permukaan alaminya yang indah. Perlu diketahui, perabotan dari kayu padat berkualitas tinggi dapat bertahan selama puluhan hingga ratusan tahun loh.

Nah, sayangnya kini banyak juga ditemukan perabotan kayu padat palsu yang banyak beredar di pasaran. Agar tidak salah dalam memilih perabotan kayu padat, yuk simak tips dibawah ini.

Baca Juga :


Begini Cara Mengetahui Jenis Kayu Padat Yang Asli

Berat dan kepadatannya

Perabotan yang terbuat dari kayu padat asli tentu akan lebih kokoh dan berat karena strukturnya yang tidak memiliki celah karena terbuat dari kayu utuh. Sedangkan perabotan dari kayu padat palsu akan lebih ringan karena kepadatannya yang kurang. Perabotan dari padat palsu kebanyakan menggunakan serbuk kayu yang dipadatkan sehingga terasa lebih ringan.

Harga menentukan kualitas

Perlu diketahui, untuk membuat perabotan dari kayu padat asli, dibutuhkan kayu padat dari hutan. Tidak sembarang kayu bisa digunakan, setidaknya membutuhkan waktu 15 sampai 25 tahun agar kayu dari hutan dapat digunakan sebagai material perabotan kayu padat.

Proses pengerjaan perabotan dari kayu padat mulai dari proses pengeringan hingga desain juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, harga perabotan dari kayu padat melambung tinggi di pasaran karena kualitasnya. Sedangkan perabotan dari kayu padat palsu cenderung jauh lebih murah harganya.

Tekstur organik

Karena pohon juga merupakan makhluk hidup, maka tiap pohon pastilah berbeda satu sama lain. Lingkaran pada permukaan kayu sendiri adalah tanda usia dari sebuah pohon. Jadi jika perabotan kayu yang anda lihat memiliki pola yang sama dan berulang-ulang, bisa dipastikan itu adalah perabotan kayu padat palsu. Anda juga bisa mengetahuinya dengan cara merabanya. Jika perabot tersebut asli dari kayu padat, maka akan terasa halus.

Tidak memiliki pelapis

Perabotan dari kayu padat asli tidak akan terdapat lapisan cat dan pelapis. Cat dan pelapis hanya digunakan pada kayu buatan yang kurang sempurna guna menutupi kekurangannya.

Itulah cara mengetahui jenis kayu padat yang asli. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY