Unik! Begini Penampakan Gedung Sarang Lebah di Istanbul

0
4566
Unik! Begini Penampakan Gedung Sarang Lebah di Istanbul

Unik! Begini Penampakan Gedung Sarang Lebah di Istanbul – Gedung-gedung unik kian menjamur di era yang serba canggih ini. Di Istanbul, Turki berencana menghadirkan kehidupan pedesaan ke kota.

Studio arsitektur internasional, Eray Carbajo merealisasikannya dengan merancang Urban Rural. Konsepnya sendiri adalah sebuah bangunan modular bertingkat yang dapat dirakit untuk berbagai kegunaan.

Baca Juga :


Begini penampakan gedung sarang lebah di Istanbul

Konsep bangunan tersebut dirancang untuk meningkatkan standar pembangunan yang berkelanjutan di Ibu Kota Turki. Bangunan ini akan dirakit menjadi satu sehingga bangunan tersebut menyerupai sebuah sarang lebah dengan rongga yang banyak.

Unik! Begini Penampakan Gedung Sarang Lebah di Istanbul
Unik! Begini Penampakan Gedung Sarang Lebah di Istanbul

Pada rongga dalam bangunan itu diisi dengan tanaman-tanaman hijau. Pendirian bangunan perkotaan perdesaan itu dimulai dengan menekankan elemen perdesaan tradisional dan taman tropis.

Si arsitek menciptakan ‘model hibrida’ yang mengintegrasikan aspek perdesaan tersebut ke dalam unit modular heksagonal atau persegi enam.

“Satu unit segi enam terdiri dari area poligonal untuk didiami dan rongga segitiga dapat digunakan sebagai taman irigasi,” tulis arsitek.

Dia juga mengatakan, penggunaan grid heksagonal dapat memaksimalkan volume bangunan sekaligus meminimalkan jumlah material bangunan yang dibutuhkan.

“Ketika semua modul digabungkan, rongga segitiga ini bertindak sebagai struktur rangka yang memindahkan beban bangunan ke bagian lain yang lebih rendah,” tambahnya.

Itulah penampakan gedung sarang lebah di Istanbul. Keren bukan?