Bahan Alami Ini Bisa Mengusir Hama Di Rumah

0
103
Bahan Alami Ini Bisa Mengusir Hama Di Rumah

Bahan Alami Ini Bisa Mengusir Hama Di Rumah – Hama adalah organisme yang dianggap merugikan dan tak diinginkan dalam kegiatan sehari-hari manusia. Walaupun istilah “hama” dapat digunakan untuk semua organisme, tetapi istilah ini paling sering dipakai hanya kepada hewan.

Saat mencari rekomendasi pengontrol hama di Internet, tidak jarang kita menemukan produk dengan kandungan bahan kimian keras, seperti pestisida, dan menggunakannya di semua bagian rumah.

Meski efektif, menggunakan bahan kimia untuk membasmi hama di rumah sebetulnya tidak ramah lingkungan serta dapat berdampak buruk bagi kesehatan. apalgi jika di rumah memiliki balita dan lansia.

Maka itu, sebaiknya, menggunakan bahan alami yang lebih ramah lingkungan untuk mengusir hama.

Bahan Alami Ini Bisa Mengusir Hama Di Rumah

Bubuk kopi

Menurut Lozanova, senyawa tertentu dalam kopi mengandung racun bagi serangga. Jadi, meninggalkan ampas kopi di sekitar rumah dapat membantu mencegah hama masuk. Sebarkan juga bubuk kopi pada area di rumah yang rentan dimunculi hama sehingga hama tak akan kembali lagi.

Minyak esensial peppermint

Lozanova mengatakan selain menyegarkan dan menenangkan, minyak esensial peppermint juga dapat mengusir tikus, kecoak, dan semut. “Saya meletakkannya di atas kapas dan membiarkannya atau saya menyemprotkannya ke permukaan di tempat-tempat hama masuk,” ucapnya. Minyak jeruk, kayu putih, dan kayu manis juga menjanjikan dalam hal mencegah hama tertentu.

Wol baja

Jika Anda tahu hama akan memasuki area tertentu di rumah, Lozanova merekomendasikan  menempatkan wol baja pada titik masuk itu karena mereka tidak akan bisa mengunyahnya. Letakkan atau tempelkan beberapa wol baja pada area yang sering dimasuki tikus.

Cuka

Hama yang terus-menerus muncul di rumah bisa disebabkan adanya sisa makanan di dapur yang berserakan. Untuk menghilangkan sisa makanan, coba gunakan pembersih alami beraroma jeruk karena banyak serangga tidak menyukai aroma ini.  Setelah itu, bersihkan semuanya dengan campuran cuka putih dan air untuk membantu menghilangkan jejak aroma yang ditinggalkan semut.

Sabun cuci piring

Untuk mengusir serangan hama lalat buah, gunakan mangkuk kecil, lalu isi dengan cuka sari apel secukupnya dan beberapa tetes sabun cuci piring, kemudian aduk sampai kedua bahan tercampur, dan letakkan mangkuk di tempat Anda melihat lalat. Bau cuka akan menarik lalat buah dan lapisan sabun pada permukaan akan menjebak mereka. Buang isi mangkun dan isi kembali bila ingin mengulangi metode ini.

Jika cara tersebut kurang efektif,maka coba konsultasikan dengan jasa pembasmi hama.

Baca Juga : https://blog.rumahdewi.com/soda-api-bikin-pipa-makin-mampet/