Bangun Rumah Risha Anti Gempa Cukup Rp 27 Jutaan Saja

0
425
Bangun Rumah Risha Anti Gempa Cukup Rp 27 Jutaan Saja

Bangun Rumah Risha Anti Gempa Cukup Rp 27 Jutaan Saja – Bagi anda yang masih asing dengan Rumah Risha, Rumah Risha sendiri merupakan singkatan dari rumah instan sederhana sehat yang diciptakan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Rumah Risha ini sendiri bisa menjadi solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau yang mencari alternatif hunian layak dengan harga terjangkau.

Sesuai dengan namanya, Rumah  Risha ini dirancang dengan menggunakan bahan material yang praktis dan mudah dibangun. Meski praktis dan mudah dibangun, rumah Risha ini dijamin kekuatan dan daya tahannya serta anti gempa.

Baca Juga :


Bangun Rumah Risha Anti Gempa Cukup Rp 27 Jutaan Saja

Menurut Kepala Seksi Balitbang, Kementerian PUPR Muhajirin, “Rumah Risha ini sangat simpel dan pengerjaannya dapat dilakukan oleh siapapun. Untuk struktur dari rumah Risha ini sendiri terdiri dari 3 macam panel yang terbuat dari beton bertulang. Beton bertulang untuk rumah Risha ini juga berbeda karena merupakan campuran dari semen, pasir dan kerikil yang porsinya disesuaikan.

Ketiga panel tersebut yakni panel pertama yang memiliki ketebalan 2,5 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 120 cm. Panel ini juga dikelilingi oleh bingkai berukuran 6×10 cm. Untuk panel kedua memiliki ketebalab 2,5 cm, lebar 20cm, dan tinggi 120cm. Panel ini juga dikelilingi oleh sebuah bingkai berukuran 6×10 cm.

Terakhir panel ketiga memiliki ketebalan 2,5 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 30 cm. Sama seperti keduanya, panel ini juga dikeliling bingkai berukuran 6×10 cm. Bedanya adalah panel ketiga ini berfungsi sebagai penyambung di bagian sudut.

Panel pertama dan kedua berfungsi untuk bagian balok dan kolom, sedangkan panel ketiga untuk sudut, ujar Muhajirin.

Untuk memudahakan pemasangan, di setiap panel terdapat 3 lubang untuk mur dan baut guna menyambungkan antar panel. Kalau untuk menyambungkan panel ke kusen atau jendela dapat menggunakan batu merah atau batako.

Untuk membangun rumah Risha bertipe 36 sendiri membutuhkan 138 panel. Rinciannya adalah 78 panel pertama, 30 panel kedua dan 30 panel ketiga. Untuk harga dari setiap panel bervariasi, mulai dari  Rp 120.000 untuk panel 1, Rp 110.000 untuk panel 2, dan Rp. 100.000 untuk panel 3.

Jika ditotalkan, membutuhkan setidaknya Rp 21.660.000 untuk membangun rumah Risha tipe 36. Jika ditambahkan dengan fondasi, minimal untuk membangun rumah Risha tipe 36 adalah Rp 27 juta saja.

Namun anda tetap memerlukan biaya tambahan untuk pemasangan atap dan tahap finishing rumah agar menjadi sempurna dan layak ditinggali. Untuk rumah Risha standarnya adalah 9 meter persegi, dengan panjang dan lebar 3 meter persegi. Namun rumah Risha dapat diupgrade seperti diperluas atau menambah tingkat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan pemilik rumah.

Bagaimana? Tertarik untuk bangun rumah Risha anti gempa cukup Rp 27 jutaan? Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY