Cara Bikin Kopi Enak di Rumah Saran dari Barista Profesional

0
95

Cara Bikin Kopi Enak di Rumah Saran dari Barista Profesional

Kopi adalah minuman yang diseduh dari biji kopi yang disangrai. Berwarna gelap, pahit, dan sedikit asam, kopi memiliki efek merangsang pada manusia, terutama karena kandungan kafeinnya. Ini memiliki penjualan tertinggi di pasar dunia untuk minuman panas.

Biji buah tanaman Coffea dipisahkan untuk menghasilkan biji kopi hijau yang belum digongseng. Biji kopi dipanggang dan kemudian digiling menjadi partikel halus yang biasanya direndam dalam air panas sebelum disaring, menghasilkan secangkir kopi. Biasanya disajikan panas, meskipun kopi dingin atau es juga umum. Kopi dapat disiapkan dan disajikan dalam berbagai cara (misalnya espresso, French press, caffè latte, atau kopi kaleng yang sudah diseduh). Gula, pengganti gula, susu, dan krim sering kali ditambahkan untuk menutupi rasa pahit atau menambah rasa.

Meskipun kopi kini menjadi komoditas global, kopi memiliki sejarah panjang yang terkait erat dengan tradisi pangan di sekitar Laut Merah. Bukti paling awal yang dapat dipercaya mengenai minum kopi sebagai minuman modern muncul di Yaman modern di Arab bagian selatan pada pertengahan abad ke-15 di tempat suci Sufi, tempat biji kopi pertama kali dipanggang dan diseduh dengan cara yang mirip dengan cara pembuatannya sekarang. minum. Biji kopi diperoleh oleh masyarakat Yaman dari Dataran Tinggi Ethiopia melalui perantara pesisir Somalia, dan dibudidayakan di Yaman. Pada abad ke-16, minuman ini telah mencapai seluruh Timur Tengah dan Afrika Utara, kemudian menyebar ke Eropa.

Sendy Djaja, Research and Development Manager of Ismaya Group sekaligus barista bersertifikat Q grader, membagikan tips membuat kopi di rumah.

Cara Bikin Kopi Enak di Rumah Saran dari Barista Profesional

Cara membuat kopi ini bisa menjadi panduan buat kamu yang suka ngopi. Takarannya bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing.

1. Sesuaikan takaran kopi

Espreso alias kopi pekat merupakan bahan utama untuk membuat aneka menu. Kamu bisa menyesuaikan jumlah. “Misalnya, saya suka kopi strong, pakainya dua shot espreso. Kalau misalnya kurang suka kopi, cukup satu shot espreso,” ujar Sendy.

2. Pakai  brown sugar

Bukan gula pasir, Sendy lebih menyarankan jenis brown sugar untuk membuat kopi enak di rumah.

“Gula aren itu indeks glikemiknya lebih rendah, jadi lebih sehat,” kata Sendy.

3. Gunakan susu  full cream

Paling mudah membeli full cream. Kamu bisa menggunakannya untuk campuran kopi agar lebih creamy. Namun, menurut Sendy, tak ada salahnya mengganti tipe susu dengan susu nabati, seperti soy milk atau oat milk.

“Kalau susu nabatinya kurang creamy. Masih bisa ditambahkan non-dairy cream untuk vegan atau intoleran laktosa,” tambah Sendy.

Cara Bikin Kopi Enak di Rumah Saran dari Barista Profesional

Baca Juga: Kapan Menggunakan Warna Hangat vs Sejuk di Rumah Anda

 

SHARE