Cara manajemen waktu bersih-bersih persiapan Lebaran dan Natal

0
688
Cara manajemen waktu bersih-bersih persiapan Lebaran dan Natal

Cara manajemen waktu bersih-bersih persiapan Lebaran dan Natal – Bersih-bersih di rumah menjelang hari raya tidak perlu membuat Anda kalang kabut atau repot sejak jauh-jauh hari. Seminggu sebelum Lebaran atau Natal merupakan waktu yang ideal untuk mempersiapkan kebersihan rumah dan isinya untuk menyambut kunjungan kerabat dan teman-teman. Di sinilah pentingnya mengatur waktu pada saat masa cuti belum mulai, tetapi Anda sudah harus mempersiapkan perayaan Natal dan Lebaran.

Anda perlu menetapkan waktu yang tepat dan cara cepat membersihkan rumah agar kebersihan rumah terjaga hingga hari raya tanpa perlu dua kali kerja. Selain membersihkan perabotan dan objek-objek yang biasa tampil di ruang tamu, perhatikan juga kebersihan toples kue dan perlengkapan menghidangkan makanan yang lain.
Tips membersihkan rumah dengan cepat jelang hari raya
Lalu kapan waktu yang paling tepat untuk membersihkan rumah menjelang Lebaran dan Natal? Akhir pekan terakhir sebelumnya merupakan waktu yang sesuai. Libatkan semua anggota keluarga untuk membantu Anda menciptakan rumah bersih dan nyaman. Berikut ini beberapa tugas terkait persiapan Lebaran dan Natal yang perlu ditangani:

  • Mencuci pakaian baru sebelum dipakai pada hari H
  • Menghilangkan bau apek pada perlengkapan ibadah
  • Mengganti taplak meja dan gorden
  • Membersihkan dan memasang pohon dan hiasan Natal
  • Membersihkan kaca jendela di luar dan dalam rumah
  • Mengepel lantai dan menyedot debu di karpet
  • Menyingkirkan debu di berbagai permukaan
  • Menyingkirkan sarang laba-laba di langit-langit dan sudut-sudut rumah
  • Membersihkan sofa dan furnitur
  • Mengecat ulang dinding seperlunya

Tugas-tugas tersebut bisa dikerjakan dalam dua hari—misalnya Sabtu dan Minggu—agar tidak terlalu melelahkan. Lagipula, jika rumah Anda rutin dibersihkan maka acara bersih-bersih menjelang hari raya akan terasa seperti bersih-bersih pada hari biasa karena tidak ada bagian yang terlalu kotor. Anda bisa mencuci pakaian baru bersama cucian harian sehingga rumah Anda bebas tumpukan cucian kotor pada hari H.

Mulailah dengan membersihkan bagian yang paling tinggi, yaitu langit-langit dan atap lemari, agar debu yang jatuh tidak kembali mengotori lantai dan bagian-bagian yang lebih rendah. Menyapu dan mengepel lantai sebaiknya dikerjakan terakhir. Pada pagi hari H, Anda cukup menyemprotkan pewangi ruangan sesuai selera. dan anda bisa mengetahui cara manajemen waktu bersih-bersih persiapan Lebaran dan Natal

1218-persiapan-lebaran-575x382
Persiapan Natal dan Lebaran di dapur
Urusan bersih-bersih di dapur bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sebisa mungkin selesaikan semua hidangan sebelum hari H dan usahakan seminimal mungkin aktivitas masak-memasak di dapur pada hari H. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu repot di dapur dan dapur pun terlihat rapi bebas bau asap pada hari H. Selain itu, persiapkan perkakas-perkakas untuk menyajikan hidangan berikut ini:

  • Toples kue yang perlu dibersihkan sebelum mulai membuat kue agar ada cukup waktu untuk menghilangkan bau tengik di dalamnya. Gunakan sabun cuci piring cair yang ampuh menghilangkan bau.
  • Piring dan peralatan makan lain yang telah lama disimpan di lemari. Keringkan semua setelah dicuci pada malam hari raya.
  • Tata meja makan dengan tumpukan piring dan persediaan perlengkapan makan yang diperlukan.
  • Dispenser bersih dengan persediaan air minum dan gelas cukup. Pemakaian air minum dalam dispenser lebih baik karena tamu akan cenderung mengambil air sesuai kebutuhan sehingga tidak banyak air minum terbuang seperti yang sering terjadi pada air dalam kemasan gelas plastik. Anda memang akan perlu mencuci gelas-gelas tersebut setelah dipakai, namun dengan cara mencuci piring cepat hal ini bukanlah masalah besar.

Inilah artikel tentang Cara manajemen waktu bersih-bersih persiapan Lebaran dan Natal. Semoga bermanfaat

baca juga :Persiapan Persiapan untuk Liburan Akhir Tahun

Sumber : www.cleanipedia.com

LEAVE A REPLY