Cara Menabung Yang Tepat

0
608
Cara Menabung Yang Tepat

Cara Menabung Yang Tepat – Menabung yang tepat sangat dianjurkan jika kita ingin cepat menambah kekayaan yang diinginkan. Namun, dalam prosesnya, kita sering menghadapi godaan yang membuat kita tidak mencapai tujuan atau bahkan mengabaikannya.

baca juga : Cara Memanfaatkan Sedotan Bekas

Agar Anda konsisten dalam menabung, Ayo praktekkan beberapa cara menabung yang tepat di bawah ini :

Tetapkan tujuan menabung yang jelas dan tepat

Langkah pertama untuk menabung dengan cepat adalah menetapkan tujuan menabung yang jelas dan tepat. Misalnya, apakah Anda menabung untuk dana pendidikan, dana darurat, atau membeli barang yang saat ini tidak mampu Anda beli. Menetapkan tujuan yang jelas membuat kita lebih fokus untuk mencapainya.

Tetapkan batas waktu dan besarnya dana tabungan

Selain itu, jika Anda sudah menetapkan tujuan menabung, Anda bisa menentukan jumlah yang akan ditabung dan jangka waktu berapa lama. Misalnya, Anda ingin menghemat Rp 45.000.000 untuk biaya master Anda. Jika penghasilan bulanan Anda adalah Rp 8.000.000  dan Anda menyisihkan 20% untuk ditabung setiap bulan, Anda harus menabung selama sekitar 2,5 tahun.

Gunakan aplikasi regulasi keuangan

Untuk membantu Anda mengelola pengeluaran bulanan yang tepat, Anda dapat menggunakan alat manajemen keuangan gratis yang tersedia di berbagai platform. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengelola pengeluaran bulanan, termasuk tabungan. Anda juga dapat menggunakan metode tradisional untuk mencatat pengeluaran dan tabungan dengan catatan tertulis sederhana.

Buat rekening tabungan terpisah

Pisahkan pengeluaran harian Anda dengan menabung. Hal ini berdampak besar pada kelancaran usaha menabung Anda. Dengan membuat rekening tabungan terpisah, Anda lebih fokus dan konsisten dalam menabung.

Tidak Hidup Konsumtif

Anda perlu mengatur kebiasaan belanja Anda yang dapat mendorong pengeluaran bulanan Anda melebihi batas. Batasi biaya hiburan, katakanlah, 5% dari penghasilan Anda. Gaya hidup yang sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan Anda akan mencegah kebiasaan yang tidak perlu dan meningkatkan dana tabungan Anda.

Beralih ke aset baru

Jika Anda memiliki banyak tabungan, Anda dapat menyalurkan tabungan Anda dengan membeli konvertibel seperti tanah, emas atau komoditas lain yang nilai jualnya meningkat setiap tahun. Misalnya, harga tanah meningkat setiap tahun berkali-kali lipat dari harga pembelian awal. Nilai nominalnya juga bisa lebih tinggi dibandingkan jika Anda menyimpan tabungannya sendiri di lembaga keuangan.

SHARE