India Pimpin Daftar Kota Paling Dinamis di Dunia

0
2014
India Pimpin Daftar Kota Paling Dinamis di Dunia

India Pimpin Daftar Kota Paling Dinamis di Dunia – Dinamisnya daerah perkotaan Asia, dirangkum oleh Jones Lang LaSalle (JLL) melalui Indeks Momentum Kota tahunan terbaru, pada Februari 2017.

Dalam daftar terbaru laporan Kota Paling Dinamis di Dunia, yang melacak 134 kota dan pusat ekonomi di seluruh dunia, masih dikuasai kota-kota Asia-Pasifik.

Bahkan, kota-kota Asia-Pasifik mengisi lebih dari 30 kota di peringkat tertinggi. Meski demikian, kota-kota seperti Tokyo, Seoul, Singapura dan Hongkong hilang dari peringkat 20 tertinggi tahun ini.

Kebanyakan dari peringkat 20 kota teratas diisi oleh India yang mengalahkan China sebagai negara dengan daerah perkotaan paling dinamis.

“Dengan lebih dari setengah populasi dunia saat ini tinggal di kota, proporsi yang diharapkan tumbuh secara substansial selama beberapa dekade mendatang, keberhasilan kota-kota mengambil peranan penting,” kata Direktur Global Research JLL Jeremy Kelly.

Meskipun berbagai gejolak politik dan ketidakpastian ekonomi sedang berlangsung, banyak kota terus menunjukkan dinamikanya.

Kunci keberhasilan kota-kota ini adalah keterbukaan yang memungkinkan adaptasi dengan setiap gelombang baru perubahan global.

Berikut daftarnya:

1. Bangalore

Enam kota di India merangsek di posisi 30 ke atas, tetapi modal teknologi negara Bangalore adalah kota paling dinamis dari keseluruhan.

Kota metropolis ini adalah salah dari beberapa kota yang beralih ke posisi lebih tinggi dengan basis manufaktur dan kegiatan jasa.

2. Ho Chi Minh City

Kota terbesar di Vietnam ini merupakan contoh dari kota berpotensi tinggi.

Ho Chi Minh memiliki perluasan pasar konsumen yang cepat dan tingkat investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) yang tinggi.

3. Silicon Valley

Bagian selatan dari San Francisco Bay Area, Amerika Serikat dengan keunggulan teknologi yang terkenal di dunia masuk dalam peringkat ketiga pada daftar tahun ini.

Sillicon Valley disebut sebagai sebuah “kota berkelas dunia baru,” didukung dengan infrastruktur yang kuat dan platform layak huni menarik.

4. Shanghai

Bagian mana dari Shanghai yang tidak berubah? Kota terbesar di China tengah ini sedang dalam perubahan yang konstan.

Sebagai salah satu pasar perumahan paling panas di dunia, Shanghai memiliki rencana-rencana besar untuk menjelma menjadi kota global yang cerdas pada tahun 2040.

5. Hyderabad

Hyderabad adalah kota India yang paling dinamis kedua di dunia.

“Hyderabad dan Bangalore sekarang memiliki jaringan yang kuat dan memperkuat ekonomi nasional mereka,” kata para peneliti.

Baca Juga :

Sumber : kompas.com