Desain Ini Bikin Rumah Mu Keren & Stylish

0
76
Desain Ini Bikin Rumah Mu Keren & Stylish

Desain Ini Bikin Rumah Mu Keren & Stylish – Rumah dengan gaya industrial sempat banyak digunakan beberapa waktu lalu. Desain tersebut banyak menggunakan fitur metal dan ruang terbuka.

Meski terkesan ‘dingin’, banyak orang menggunakan gaya industrial di huniannya. Tak hanya rumah, banyak juga kafe-kafe menggunakan desain tersebut.

Konsep Desain Rumah Industrial: Definisi dan Karakteristik

Desain rumah industrial memiliki definisi dan karakteristik yang membedakannya dari gaya arsitektur lainnya. Konsep ini menggabungkan elemen-elemen kasar dan autentik dari bangunan pabrik atau gudang dengan sentuhan modern. Dalam desain ini, material seperti dinding bata, beton, kayu, dan logam digunakan untuk menciptakan tampilan yang unik dan menarik.

Penerapan Elemen Kasar

Salah satu karakteristik utama desain rumah industrial adalah penggunaan elemen kasar yang terinspirasi dari bangunan pabrik atau gudang. Dinding bata yang dibiarkan polos atau ekspos, pipa-pipa terbuka, dan struktur logam yang terlihat menjadi ciri khas dalam desain ini. Elemen-elemen ini memberikan tampilan yang kasar namun menarik, menciptakan suasana yang unik di dalam rumah Anda.

Sentuhan Modern

Meskipun desain rumah industrial didasarkan pada bangunan pabrik atau gudang yang memiliki sejarah panjang, konsep ini tetap memberikan sentuhan modern. Penggunaan material seperti beton dan logam yang dipadukan dengan furnitur dan dekorasi modern menciptakan tampilan yang kontemporer. Gaya ini menggabungkan kesan kasar dan autentik dengan estetika yang segar dan up-to-date.

Desain Ini Bikin Rumah Mu Keren & Stylish

Pemilihan material yang tepat adalah kunci dalam menciptakan desain rumah industrial yang autentik. Berikut adalah beberapa material yang cocok untuk menciptakan tampilan yang khas dalam desain ini.

Dinding Bata

Dinding bata adalah salah satu elemen utama dalam desain rumah industrial. Anda dapat memilih untuk memperlihatkan dinding bata asli yang polos atau memilih dinding bata tiruan dengan tekstur yang khas. Dinding bata memberikan tampilan yang kasar dan autentik, menciptakan suasana yang kental dengan sentuhan industri.

READ :  Desain Butik Minimalis: Panduan Lengkap untuk Membuat Tempat Belanja yang Menawan

Beton

Penggunaan beton sebagai material utama juga sangat umum dalam desain rumah industrial. Anda dapat menggunakan beton untuk lantai, dinding, atau langit-langit. Tampilan serba beton memberikan kesan yang kuat dan modern, menciptakan kontras yang menarik dengan elemen-elemen kasar lainnya.

Kayu

Untuk memberikan sedikit sentuhan hangat dalam desain rumah industrial, penggunaan kayu sebagai material sangat dianjurkan. Anda dapat menggunakan kayu untuk lantai, dinding, atau furnitur. Kayu memberikan nuansa alami dan memberikan keseimbangan yang baik dengan elemen kasar lainnya.

Logam

Logam adalah elemen penting dalam desain rumah industrial. Penggunaan material seperti besi, aluminium, atau baja pada furnitur, aksesoris, atau struktur bangunan memberikan kesan yang kuat dan tegas. Logam memberikan tampilan yang modern dan industri yang cocok dengan konsep desain ini.

Warna yang Cocok untuk Desain Rumah Industrial

Pemilihan warna yang tepat adalah langkah penting dalam menciptakan tampilan yang sesuai dengan desain rumah industrial. Berikut adalah beberapa warna yang cocok untuk menciptakan suasana yang autentik dan menarik.

Abu-abu dan Hitam

Abu-abu dan hitam adalah warna yang sering digunakan dalam desain rumah industrial. Warna-warna ini menciptakan tampilan yang kuat dan tegas, mencerminkan kesan industri yang kental. Anda dapat menggunakan warna-warna ini untuk dinding, furnitur, atau aksesori.

Warna Netral

Warna netral seperti putih, krem, atau cokelat muda juga cocok untuk desain rumah industrial. Warna-warna ini memberikan kesan yang bersih dan klasik, menciptakan tampilan yang elegan. Anda dapat menggunakan warna-warna ini sebagai warna utama atau sebagai latar belakang untuk elemen kasar lainnya.

Warna Metalik

Untuk memberikan sentuhan yang lebih berani dan modern, Anda dapat menggunakan warna metalik seperti perak, tembaga, atau emas dalam desain rumah industrial. Warna-warna ini menciptakan efek kilau yang menarik, memberikan tampilan yang mewah dan futuristik.

Pemilihan Furnitur dalam Desain Rumah Industrial

Furnitur memainkan peran penting dalam menciptakan tampilan desain rumah industrial. Berikut adalah beberapa rekomendasi furnitur yang sesuai dengan konsep ini.

Furnitur yang Terbuat dari Material Kasar

Untuk menciptakan tampilan yang konsisten dengan konsep desain rumah industrial, pilihlah furnitur yang terbuat dari material kasar seperti kayu yang belum diolah, besi, atau logam lainnya. Furnitur-furnitur ini memberikan tampilan yang kuat dan autentik, mencerminkan kesan industri.

Furnitur yang Simpel dan Fungsional

Desain rumah industrial mengedepankan fungsi dan kemudahan dalam penggunaan. Pilihlah furnitur yang memiliki desain yang simpel dan fungsional. Hindari furnitur yang terlalu rumit atau berlebihan dalam dekorasi. Furnitur dengan bentuk minimalis dan bersih cocok dengan konsep desain ini.

Furnitur dengan Sentuhan Modern

Meskipun desain rumah industrial memiliki tampilan yang kasar dan autentik, Anda masih dapat menggabungkannya dengan furnitur yang memiliki sentuhan modern. Furnitur dengan desain yang bersih dan futuristik memberikan kontras yang menarik dengan elemen kasar lainnya. Pilihlah furnitur dengan bentuk yang unik dan inovatif untuk menciptakan tampilan yang segar dan up-to-date.

Pencahayaan yang Tepat untuk Desain Rumah Industrial

Pencahayaan memainkan peran penting dalam menciptakan suasana dalam desain rumah industrial. Berikut adalah beberapa tips tentang jenis pencahayaan yang cocok untuk desain ini.

Pencahayaan Langit-langit Terbuka

Salah satu cara untuk menciptakan tampilan khas dalam desain rumah industrial adalah dengan memperlihatkan langit-langit terbuka dan menjadikannya sebagai bagian dari pencahayaan. Anda dapat menggunakan lampu gantung yang tergantung pada kabel-kabel kasar atau menggunakan lampu sorot yang menyoroti langit-langit.

READ :  Desain Baju Muslim: Kreativitas dan Keunikan dalam Berbusana

Lampu dengan Desain Industri

Untuk menciptakan tampilan yang konsisten dengan konsep desain rumah industrial, pilihlah lampu dengan desain industri. Lampu-lampu dengan bahan logam, tangkai terbuka, atau kaca transparan menciptakan tampilan yang kasar dan autentik. Anda dapat menggunakan lampu-lampu gantung, lampu meja, atau lampu dinding dengan desain yang sesuai.

Pencahayaan Spot atau Ambient

Dalam desain rumah industrial, pencahayaan spot atau ambient sangat efektif untuk menciptakan suasana yang diinginkan. Anda dapat menggunakan lampu sorot yang terfokus pada elemen-elemen khas seperti dinding bata, pipa terbuka, atau furnitur logam. Selain itu, pencahayaan ambient dengan lampu-lampu dinding atau lampu lantai akan memberikan tampilan yang lembut dan menyeluruh.

Penggunaan Lampu Edison atau Filamen

Untuk menciptakan suasana yang kental dengan sentuhan industrial, gunakanlah lampu Edison atau lampu dengan filamen terlihat. Lampu-lampu ini memberikan tampilan yang vintage dan memberikan efek hangat yang cocok dengan konsep desain rumah industrial. Anda dapat menggunakan lampu-lampu ini pada lampu gantung, lampu meja, atau lampu dinding.

Dekorasi dalam Desain Rumah Industrial

Dekorasi merupakan bagian penting dalam menciptakan kesan yang lengkap dalam desain rumah industrial. Berikut adalah beberapa ide dekorasi yang sesuai dengan konsep ini.

Hiasan Dinding

Dalam desain rumah industrial, hiasan dinding memainkan peran yang penting. Anda dapat menggunakan karya seni dengan tampilan yang kasar, seperti lukisan abstrak atau foto hitam putih. Selain itu, dinding bata yang dibiarkan polos atau ekspos juga bisa menjadi hiasan yang menarik dalam desain ini.

Aksesori dengan Sentuhan Industri

Pilihlah aksesori dengan sentuhan industri untuk melengkapi tampilan desain rumah industrial. Anda dapat menggunakan jam dinding dengan desain yang unik, rak dinding dari pipa-pipa logam, atau cermin dengan bingkai yang terbuat dari logam. Aksesori-aksesori ini memberikan sentuhan khas dan mencerminkan konsep desain yang diinginkan.

Tanaman Indoor

Untuk memberikan sedikit sentuhan alami dalam desain rumah industrial, tambahkan beberapa tanaman indoor. Pilihlah tanaman dengan daun yang lebat dan tampilan yang segar. Anda dapat menempatkan tanaman ini dalam pot-pot yang terbuat dari logam atau beton untuk menciptakan kesan yang konsisten dengan konsep desain.

Bangku atau Meja dengan Roda

Untuk menambahkan elemen yang unik dan fungsional dalam desain rumah industrial, gunakanlah bangku atau meja dengan roda. Bangku atau meja dengan roda memberikan tampilan yang kasar dan autentik, menciptakan kesan industri yang kuat. Selain itu, bangku atau meja ini juga dapat dipindahkan dengan mudah sesuai kebutuhan.

Baca Jugahttps://blog.rumahdewi.com/desain-kamar-ala-hotel-ini-di-jamin-bikin-mager/

Setiap ruangan dalam rumah memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda. Berikut adalah beberapa tips dan ide kreatif untuk menerapkan desain rumah industrial dalam ruangan-ruangan tertentu.

Kamar Tidur

Dalam kamar tidur, gunakanlah dinding bata yang dibiarkan polos atau ekspos sebagai fokus utama. Tempat tidur dengan rangka logam dan furnitur kayu yang kasar akan menciptakan tampilan yang sesuai dengan konsep desain ini. Juga, tambahkan lampu gantung dengan desain industri dan beberapa aksesori logam untuk melengkapi tampilan kamar tidur.

Ruang Tamu

Dalam ruang tamu, gunakanlah kombinasi material seperti dinding bata, beton, dan kayu untuk menciptakan tampilan yang kaya dengan sentuhan industri. Pilih furnitur dengan desain minimalis dan fungsional, serta tambahkan beberapa hiasan dinding dengan tampilan kasar. Pencahayaan spot atau ambient dengan lampu-lampu industri akan melengkapi tampilan ruang tamu.

Dapur

Dalam dapur, gunakanlah material seperti dinding bata, beton, dan logam untuk menciptakan tampilan yang khas. Pilihlah lemari dapur dengan desain yang sederhana dan fungsional, serta tambahkan aksesori dengan sentuhan industri seperti rak logam atau lampu gantung dengan desain yang unik. Juga, gunakanlah pencahayaan spot yang terfokus pada area kerja dapur.

Kamar Mandi

Dalam kamar mandi, gunakanlah kombinasi material seperti beton, logam, dan kayu untuk menciptakan tampilan yang khas. Anda dapat menggunakan wastafel atau shower dengan desain industri, serta tambahkan aksesori logam seperti handuk gantung atau cermin dengan bingkai logam. Pilihlah pencahayaan yang terang namun tetap memberikan kesan yang kasar dan autentik.

SHARE