Trik Menciptakan Desain Sejuk Alami pada Rumah Anda

0
1416
Trik Menciptakan Desain Sejuk Alami pada Rumah Anda

Trik Menciptakan Desain Sejuk Alami pada Rumah Anda – Tempat tinggal yang nyaman dan sejuk merupakan impian Anda dan keluarga. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan memberikan sirkulasi udara di rumah secara maksimal sehingga penggunaan pendingin ruangan atau AC tidak lagi dibutuhkan.

Ruangan yang selalu terasa panas tentu menjadi sangat tidak nyaman ditinggali. Banyak orang menginginkan cara yang mudah dan cepat serta selalu memilih menggunakan pendingin ruangan atau AC. Padahal, cara tersebut belum tentu menjadi solusi yang tepat. Dengan sedikit menata bagian dalam rumah, udara yang sejuk pun bisa Anda hadirkan di dalamnya.

Baca Juga :

Begini trik menciptakan desain sejuk alami pada rumah anda

Desain penyejukan pasif merupakan salah satu kalimat yang dituturkan arsitek Rizky Artando untuk gaya rumah dengan banyak bukaan. Artinya, tanpa menggunakan bantuan alat apa pun, udara di dalam ruangan tetap sejuk.

Untuk menghadirkan konsep ini di rumah tidaklah rumit. Anda bisa memulainya dengan menjaga panas di luar ruangan, meningkatkan sirkulasi udara, dan meminimalkan panas yang diserap bangunan. Hal tersebut melibatkan bagian atap, dinding, jendela, dan lantai. Memaksimalkan bukaan melalui jendela dan ventilasi untuk menciptakan rumah yang nyaman, sejuk, sekaligus sehat, aliran sirkulasi udara yang baik di dalam rumah menjadi syarat mutlak yang harus diutamakan.

“Ruangan yang terasa panas bisa disebabkan banyak hal. Kurangnya bukaan atau ventilasi adalah penyebab yang paling umum terjadi. Karena kurangnya ventilasi, pertukaran di dalam ruangan tidak akan maksimal,” ucap Rizky.

Penggunaan jendela mungkin dirasakan kurang cukup untuk memaksimalkan sirkulasi udara di dalam ruangan. Agar pertukaran jendela dalam ruangan berjalan baik, alangkah lebih baik jika membuat ventilasi dengan model silang atau cross ventilation. Dengan dua buah jendela besar yang dibuat secara berhadapan satu sama lain, udara yang sejuk di dalam ruangan bisa Anda rasakan.

Hal yang sama juga ditegaskan Rizky. Ventilasi silang sangat memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar dan sebaliknya tanpa harus melewati bagian ruangan lainnya. Udara yang masuk dari satu jendela akan langsung dialirkan keluar oleh jendela yang ada di hadapannya dan berganti udara baru. Dengan begini, ruangan akan semakin sejuk, walau tanpa AC. Bagian lainnya yang harus diperhatikan adalah ukuran jendela dan bukaan yang harus seimbang dengan ukuran ruangan. Bila ruangan Anda berukuran besar, sebaiknya menggunakan jendela berukuran besar juga.

Jendela dengan ukuran besar tidak hanya memberikan sirkulasi udara yang baik, tetapi juga bisa memberikan ruang untuk cahaya matahari masuk dan menerangi ruangan. Jadi, Anda bisa menghemat penggunaan lampu sebagai penerangan cahaya pada siang hari. “Cahaya matahari bisa menjadi faktor yang memengaruhi peningkatan suhu ruangan. Untuk mengatasinya, jendela bisa dilengkapi window shadekarena ini bisa membantu mengurangi jumlah cahaya yang masuk,” tandas Rizky. Setelah penggunaan jendela dan ventilasi, untuk menciptakan ruangan yang sejuk, faktor plafon juga sangat memengaruhi.

Plafon yang tinggi akan memberikan rasa sejuk karena dengan plafon yang tinggi sangat memungkinkan terjadinya perputaran udara yang lebih besar di dalam ruangan. “Jarak ideal antara plafon dan lantai yaitu 2,75–4 meter. Tetapi, Itu semua tergantung seberapa tinggi rumah yang diinginkan. Plafon bisa juga dibuat lebih tinggi mencapai 6 meter,” tandas Rizky.

Plafon yang tinggi tidak hanya memberikan kebebasan sirkulasi udara yang masuk di dalamnya, tetapi juga bisa mengurangi panas di dalam ruangan yang biasanya diakibatkan mengalirnya endapan panas dari ruang bawah atap ke dalam ruangan.

Itulah beberapa trik untuk menciptakan desain sejuk alami pada rumah anda yang bisa anda terapkan dan praktekkan.

Sumber : okezone.com

SHARE

LEAVE A REPLY