Gaji Anda Sudah di Atas Rp3 Juta? Cicil Rumah Saja

0
682
Gaji Anda Sudah di Atas Rp3 Juta? Cicil Rumah Saja
sumber : okezone.com

Gaji Anda Sudah di Atas Rp3 Juta? Cicil Rumah Saja – Banyak orang memilih untuk mengontrak ketimbang membeli rumah karena menganggap penghasilannya belum cukup untuk mencicil rumah. Padahal sudah banyak rumah yang cicilannya sama dengan biaya sewa kontrakan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyarankan, apabila memiliki gaji setidaknya di atas Rp3 juta, lebih baik menyicil rumah ketimbang mengontrak.

baca juga :


“Sudah akad (rumah)?” tanya Jokowi saat berbincang dengan salah satu masyarakat di Cikarang yang hendak membeli unit rumah di Vila Kencana Cikarang, Sukakarya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/5/2017).

Jokowi pun kembali bertanya, “Apakah dia sudah membayar uang muka?” Kemudian perempuan tersebut menjawab sudah membayar uang muka. Khusus untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang diresmikan Jokowi, uang mukanya sebesar 1% dan kredit pemilikan rumah (KPR) dibayarkan lewat Bank BTN. “Nyicilnya berapa sebulan?” tanya Jokowi kembali.

Nevi pun menjawab, cicilan yang harus dibayar tiap bulan mencapai Rp800 ribu dengan tipe rumah 25/60. Padahal, sebelumnya dia mengontrak rumah dengan biaya Rp500 per bulan. Oleh karena itu, Jokowi menilai lebih baik mencicil rumah daripada mengontrak.

“Lalu gimana tiap bulan cara mencicilnya?” tanya Jokowi.

“Penghasilan suami Rp3,5 juta. Buat bayar kontrakan itu Rp500 ribu,” jawabnya.

“Kontrakan berapa?” tanya Jokowi memastikan.

“Rp500 ribu,” jawabnya.

“Lah (lebih baik) pilih ini dong (kredit rumah tapak),” lanjut Jokowi.

Jokowi pun menyarankan karena rumah tapak tersebut belum memiliki ruang dapur sehingga calon pemilik rumah bisa menambahkan dapur di space yang masih tersisa.

“Nanti ke depan tambahi sendiri ya. Saya kira masyarakat pemilik-pemilik bisa mengatur keuangannya dengan baik. Gaji di atas Rp3 juta kalau dibayar per bulan Rp800 ribu cukup,” tambahnya.

sumber : okezone.com

LEAVE A REPLY