Ide Dekorasi Rumah Bertema Yin dan Yang

0
2625
Ide Dekorasi Rumah Bertema Yin dan Yang

Ide Dekorasi Rumah Bertema Yin dan Yang – Dalam filsafat Tionghoa, konsep Ying-Yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan sifat kekuatan yang saling berhubungan dan berlawanan. Mulanya, konsep ini diterapkan pada bidang bela diri di Tiongkok seperti Baguazhang, Tai Chi, dan Chi Kung.

Seiring waktu, konsep Ying-Yang ternyata mengalami perluasan makna, terutama di barat. Di sana, konsep ini dihubungkan dengan sesuatu yang baik dan buruk. Perbedaan antara Yin-Yang diartikan sebagai penyeimbang yang dapat melahirkan ide-ide baru.

Dalam dunia desain interior, konsep Ying-Yang juga cukup berpengaruh bagi penghuni yang percaya akan penyeimbang tersebut. Yin-Yang diikenal memiliki lima elemen alam seperti tanah, api, air, logam, dan kayu.

Ide Dekorasi Rumah Bertema Yin dan Yang

Baca juga : Pulo Cinta, salah satu pulau berbentuk hati terindah di dunia
Menggunakan konsep Yin-Yang maksudnya, Anda tidak perlu menggunakan kelima elemen tersebut. Melainkan, bisa menggunakan salah satu elemen berupa simbol warna atau tekstur saja ternyata sudah dianggap menerapkan konsep Ying-Yang.

Konsep Yin juga bisa dinyatakan sebagai prinsip feminim, yang pasif, gelap, dan penurut. Sedangkan Yang dinyatakan sebagai wujud prinsip kejantanan yang cerah, aktif, dan ekstorvert.

Ruangan bernuansa Yin diharapkan memberikan energi yang tenang, dan tempat untuk relaksasi. Contoh ruangan Yin antara lain tempat tidur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi.

Sedangkan bagian rumah yang menunjukkan konsep Yang merupakan ruangan yang aktif atau penuh dengan kegiatan seperti tempat bermain anak, dapur, ruang kerja, ruang cuci, garasi, dan lorong.

Tempat-tempat yang disinyalir sebagai wujud Yang membutuhkan pencahayaan yang terang, pemilihan warna yang putih dengan warna tegas seperti hitam. Tidak lupa dilengkapi dengan furnitur yang kaku dan sedikit memiliki bentuk/detail.

Lalu bagaimanakah visual dari dekorasi ruangan yang menggunakan konsep Yin-Yang? Berikut ini contoh desain interior rumah :

Sebuah ruang tamu yang terlihat kontras mengusung konsep Ying-yang. Warna sofa dan furnitur meja kecil didesain menggunakan warna gelap seperti hitam dan abu-abu. Dan untuk mengimbangi, seluruh dinding dan lantai menerapkan warna putih. Selain itu, juga terdapat elemen besi pada rangka sofa.

Seperti sudah dijelaskan, salah satu ruangan Yang adalah kamar tidur. Pada contoh desain di gambar ini, seluruh ruangan didominasi oleh warna gelap yakni warna cokelat gelap. Warna gelap ternyata bisa memberikan relaksasi yang nyaman bila dipadukan dengan warna putih.

Tidak lupa untuk menerapkan warna putih pada ceiling untuk tetap memberikan kesan cerah pada ruangan.

Terakhir, penggunaan elemen alam bebatuan. Siapa sangka elemen batu ini terdapat di dalam ruangan yang bertujuan sebagai tempat keluarga. Secara dasar ruangan, ruangan ini sudah menunjukkan sebagai implementasi Yang.

Konsep Yang di ruangan ini sangat terasa dilihat dari batu, warna putih pada sofa, dan pencahayaan yang ada di setiap sudut.

Unsur warna gelap pada dinding dibuat senada dengan warna bebatuan bertujuan untuk membat tekstur dan sentuhan Ying yang seimbang.

Inilah artikel tentangĀ Ide Dekorasi Rumah Bertema Yin dan Yang.

sumber : liputan6.com