Ini 3 Ruangan Paling Penting di Rumah Menurut Feng Shui

0
14

Ini 3 Ruangan Paling Penting di Rumah Menurut Feng Shui

Feng shui adalah filosofi kuno dari China yang mendorong keseimbangan energi antara Anda dengan lingkungan. Feng shui menawarkan panduan tentang bagaimana kita dapat mendesain rumah untuk mendorong energi positif.

Di feng shui, ada tiga ruangan paling penting yang perlu Anda perhatikan. Dilansir dari Mind Body Green, desainer interior dan pakar feng shui Gabrielle Santiago menjelaskan ketiga ruangan tersebut dan beberapa cara cepat untuk merancangnya sesuai panduan feng shui.

Kamar tidur

Kamar tidur adalah tempat kita beristirahat dan mengisi kembali energi yang terbuang saat beraktivitas. Faktanya, kita menghabiskan sepertiga dari hidup kita untuk tidur.
“Ini adalah satu ruangan di rumah Anda yang didedikasikan untuk mendapatkan kembali energi. Karena itu, melangkah ke dalamnya akan terasa seperti reset,” kata Santiago. Hal itu juga dapat memengaruhi rasa keintiman dan privasi di rumah.

Ā Ini 3 Ruangan Paling Penting di Rumah Menurut Feng Shui

Baca Juga : Pemerintahan Prabowo Berencana Hapus 16 persen Pajak Rumah

Ā Ini 3 Ruangan Paling Penting di Rumah Menurut Feng Shui

Tips menata kamar tidur menurut feng shui

1. Letakkan tempat tidur Anda pada commanding position

Tempatkan tempat tidur Anda dalam commanding position atau titik terkuat. Letakkan tempat tidur menghadap pintu dan sebaiknya ditempelkan di dinding yang kokoh. Baca juga: Catat, 3 Benda yang Tidak Boleh Ada di Rumah Menurut Feng Shui “Ketika kita bisa langsung melihat apa yang masuk dan keluar, itu membuat pikiran kita lebih mudah beristirahat, dan ini mendorong stabilitas,” jelas Santiago.

2. Jauhkan perangkat elektronik

Perangkat elektronik dapat memengaruhi tidur dan tingkat energi kita, karena mendorong rasa gelisah dan stimulasi terus-menerus.

“Jika Anda benar-benar tidak dapat hidup dengan ponsel yang sedang mengisi daya jauh dari kamar Anda. Pastikan untuk mengisi daya jauh dari tempat Anda tidur,” tutur Santiago.

3. Bersihkan kekacauan di bawah tempat tidur dan nakas

“Kekacauan adalah larangan besar dalam feng shui, karena menciptakan energi yang stagnan, yang juga mendorong perasaan terjebak. Tidak ada yang lebih buruk daripada bersiap-siap untuk hari kerja ketika Anda merasa mandek,” terang Santiago.

Dia merekomendasikan untuk menjaga ruang di bawah tempat tidur dan meja nakas alias meja samping tempat tidur tetap bersih untuk mendorong aliran energi yang lebih baik. Meskipun demikian, hal itu mungkin tidak mungkin dilakukan bagi orang yang tinggal di ruang yang lebih kecil dan membutuhkan ruang penyimpanan. Jika demikian, gunakan area di bawah tempat tidur Anda untuk menyimpan barang-barang lembut seperti pakaian dan seprai cadangan, untuk menjaga energi.

4. Tidak ada foto keluarga di kamar tidur, kecuali foto Anda dan pasangan

Santiago menjelaskan bahwa kamar tidur adalah ruang yang sangat intim dalam feng shui. Itu berarti ruang dinding di kamar tidur harus disediakan hanya untuk Anda, atau Anda dan pasangan.

“Ketika kita memiliki foto orang lain di kamar tidur, itu menandakan bahwa mereka ada di sana bersama Anda. Ini sebenarnya dapat menyebabkan masalah dalam hubungan Anda, membuat jarak antara Anda dan pasangan,” ujar Santiago.

Pintu depan dan area masuk rumah

Pintu depan dan pintu masuk ke rumah Anda adalah tentang peluang baru dan juga dianggap sebagai mulut rumah. “Segala sesuatu yang terjadi di sini mendorong seluruh rumah Anda dan mengatur nuansa keseluruhan ruangan Anda. Ruang ini harus terasa bebas dari kekacauan, cerah, dan mengundang,” jelas Santiago.

Tips menata pintu depan dan area masuk rumah

1. Pastikan Anda menggunakan pintu depan Anda
Untuk mendorong lebih banyak peluang dalam hidup Anda, pastikan Anda benar-benar menggunakan pintu depan Anda, daripada masuk ke rumah lewat garasi atau pintu samping, misalnya.

Santiago mengatakan, Anda juga dapat mendorong para tamu untuk menggunakan pintu depan, serta membukanya dengan penuh perhatian setidaknya sekali sehari. “Ini akan membantu mengedarkan energi baru dan berpotensi membuka rumah Anda, dan Anda, untuk petualangan dan peluang baru,” ucapnya. Selain itu, Anda juga dapat mengecat pintu depan dengan warna yang berbeda dari rumah Anda sehingga bisa menonjol, dan menjaganya tetap terawat dengan baik.

2. Jaga area masuk rumah tetap bersih dan tidak berantakan

Mirip dengan kamar tidur, pintu masuk adalah area lain yang harus dijaga agar tidak berantakan.

“Menyapu adalah cara yang luar biasa untuk membangkitkan energi yang mandek dan saya sangat menyarankan untuk menyapu area masuk rumah Anda,” saran Santiago.

3. Pertimbangkan energi

Bergantung pada apakah Anda tinggal di jalan yang sibuk atau lambat, energi yang masuk melalui pintu depan Anda bisa sangat cepat atau sangat lambat. Jadi, Santiago mengatakan Anda perlu mengidentifikasi apakah pintu depan berada menghadap ke jalan yang (sibuk) atau yin (tenang) dan kemudian tambahkan aksesori yang sebaliknya. Anda dapat memperlambat energi sibuk yang datang dengan sesuatu seperti permadani atau karpet. Menurut Santiago, lebih disarankan menggunakan karpet yang berpola.

Selain itu, jika pintu depan Anda jauh dari jalan yang lambat, coba gunakan lampu kristal untuk mempercepat aliran chi.

Dapur

“Dapur dianggap sebagai jantung rumah dan seperti halnya tubuh kita, jika jantung kita tidak sehat, masalah lain akan mulai terjadi,” papar Santiago.

Tips menata dapur menurut feng shui

1. Gunakan cermin untuk meletakkan kompor pada titik terkuat

Sama seperti tempat tidur Anda, kompor juga bisa dalam posisi yang sama, yang memberikanrasa aman dengan memberi Anda tampilan dapur secara utuh.

“Jika kompor Anda tidak dapat ditempatkan dalam commanding position, pertimbangkan untuk menggunakan cermin untuk melakukan penyesuaian ini,” jelas Santiago.

“Dengan cara ini, saat Anda memasak, Anda masih dapat memiliki rasa perintah karena Anda dapat melihat siapa yang memasuki ruang dapur,” imbuhnya.

2. Simpan pisau jauh dari pandangan

Pisau bisa mengganggu dan terlihat agresif, jadi Santiago merekomendasikan untuk menyimpannya. “Mengingat ujung tombaknya yang tajam, mereka dapat menyebabkan orang merasa sedikit tidak nyaman saat mereka terlihat jelas,” tuturnya. Cobalah menjauhkan mereka atau mengaturnya di tempat lain selain di meja dapur. Ini akan membantu dalam energi yang lebih damai di dapur.

3. Hadirkan pencahayaan alami jika memungkinkan

Pencahayaan sangat penting untuk keseluruhan suasana ruangan, dan di dapur, Anda pasti menginginkannya sealami mungkin. “Sinar matahari mendorong serotonin, yang menjadikan dapur tempat yang sempurna untuk memulai hari Anda jika cerah dan lapang,” ungkap Santiago.

Jika dapur Anda tidak mendapatkan banyak cahaya alami, Anda dapat menambahkan fitur sepertiĀ  lampu gantung, dan bahkan lampu hias, untuk mendorong perasaan tersebut.

4. Perbaiki jika ada yang rusak

Jangan menunggu hal-hal yang perlu diperbaiki di sekitar dapur. Apakah ada engsel kabinet yang lepas atau kompor yang rusak, misalnya.
“Hal-hal yang rusak dan terabaikan yang perlu diperbaiki menyerupai energi yang rusak dan terabaikan di rumah dan kehidupan Anda, Jadikan ini prioritas utama,” sebut Santiago.