Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Pelihara Kucing di Rumah

0
124
Hal Yang HarJenis Tanaman Hias Indoor Yang Dapat Membuat Suhu Ruangan Sejukus Diperhatikan Jika Pelihara Kucing di Rumah

Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Pelihara Kucing di Rumah – Memelihara hewan di rumah seperti kucing tentu bisa menjadi hal yang menyenangkan. Melihat tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan juga bisa menjadi teman yang baik bagi penghuni rumah. Bahkan menurut beberapa penelitian, memelihara kucing di rumah memiliki dampak yang bagus bagi kesehatan.

Namun perlu diingat, memelihara kucing di rumah tentu membutuhkan tanggung jawab dan kasih sayang. Tak hanya itu, perawatan kucing juga harus diperhatikan. Memelihara kucing juga dapat menyebabkan rumah menjadi kotor apabila tidak memerhatikan hal berikut ini. Penasaran?

Baca Juga :


Berikut hal yang harus diperhatikan jika pelihara kucing di rumah

Pastikan memiliki vacuum cleaner

Salah satu barang yang wajib anda miliki jika memelihara kucing di rumah adalah vacuum cleaner. Tidak perlu sampai beli yang terlalu mahal, yang penting dapat bekerja dengan baik. Rutinlah dalam membersihkan karpet, sofa serta seluruh ruangan dengan menggunakan vacuum cleaner guna mengangkat bulu kucing yang menempel. Minimal lakukan beberapa kali dalam seminggu agar rumah bebas dari bulu kucing.

Lapisi perabotan dengan handuk

Memelihara kucing tentu tidak lepas dari yang namanya bulu kucing yang rontok dan bertebaran dimana-mana. Nah, untuk mengatasinya, anda bisa melapisi perabotan atau tempat yang sering dijadikan tempat istirahat bagi si kucing dengan handuk seperti di sofa atau karpet.

Hal tersebut dapat memudahkan anda untuk membersihkan dan mencegah bulu bertebaran ke seluruh ruangan. Jangan lupa pula untuk rutin mencuci handuk tersebut agar tidak mengeluarkan bau. Pastikan tidak mencuci handuk tersebut dengan mesin cuci agar bulu kucing tidak lengket atau tertinggal di mesin cuci.

Persiapkan rumah kucing

Sudah menjadi naluri kucing untuk bermain, melompat, atau memanjat-manjat. Nah jika anda tidak ingin perabotan anda rusak karena bekas cakaran kucing dan sebagainya, sebaiknya siapkan rumah khusus untuk kucing.

Jika memungkinkan, buatlah rumah kucing bertingkat dari kayu sehingga kucing dapat memanjat, melompat dan bermain di rumah kucing tersebut. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir perabotan anda rusak karena ulah si kucing.

Sediakan boks pasir untuk kotoran

Agar kotoran kucing tidak mengotori rumah anda, sebaiknya siapkan sebuah wadah khusus seperti boks berisi pasir untuk kotoran kucing. Biasakan juga kucing anda untuk membuang urin dan kotoran disana. Jangan lupa juga untuk rutin dalam membersihkan boks pasir tersebut agar tidak menghasilkan bau di rumah.

Itulah hal yang harus diperhatikan jika pelihara kucing di rumah. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY