Tips Membersihkan Oven Agar Kinclong Seperti Baru

0
384
Tips Membersihkan Oven Agar Kinclong Seperti Baru

Tips Membersihkan Oven Agar Kinclong Seperti Baru – Bagi kebanyakan orang, hal yang paling malas dilakukan setelah memasak adalah membersihkan dapur. Terlebih bagi mereka yang habis memasak banyak masakan yang menggunakan banyak peralatan seperti kue. Peralatan seperti mangkok, loyang, mixer, oven dan masih banyak lagi harus segera dibersihkan.

Sayangnya peralatan seperti oven sering tidak diperhatikan karena merasa tidak perlu untuk dibersihkan. Padahal merawat dan membersihkan oven cukup penting loh. Masih banyak orang yang bingung bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan oven sehabis dipakai. Bagi anda yang penasaran bagaimana caranya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga :


Berikut tips membersihkan oven agar kinclong seperti baru

Sebelum membersihkan oven, setidaknya terdapat 3 bagian dari oven yang harus diperhatikan dan dibersihkan.

Bagian dalam

Nah, untuk membersihkan oven, mulailah dari bagian dalam dahulu karena bagian inilah yang paling kotor selama digunakan. Bagian tersebut jugalah yang paling susah dibersihkan. Apalagi kalau oven sudah lama tidak bersihkan.

Nah, cara berikut ini bisa menjadi solusi anda:

Pertama panaskan dahulu oven selama 10-15 menit dengan temperatur sedang. Setelah itu, keluarkan rak dari dalam dan bersihkan dengan sikat selagi masih panas. Untuk rak nya sendiri anda bisa rendam dengan air panas dan bersihkan dengan sabun cuci piring. Setelah dibersihkan, tunggu rak hingga kering sebelum dimasukkan ke oven kembali.

Kedua, matikan oven kemudian bersihkan bagian dinding dan bawah oven. Anda bisa bersihkan dengan cara disikat. Pastkan juga selama pembersihan, air tidak menetes ke bagian tungku oven.

Ketiga, Lap semua bagian dalam oven hingga kering. Pastikan lap yang digunakan sudah benar-benar bersih agar tidak meninggalkan kotoran.

Terakhir, jika terdapat kerak yang menempel pada dinding oven, anda bisa atasi dengan menggunakan amplas. Namun pastikan juga agar cat dari dinding tidak mengelupas.

Bagian tungku

Bagian tungku di dalam oven sering tersumbat, oleh karena itu harus sering dibersihkan atau disikat. Namun seringkali kita salah dalam membersihkannya dan malah merusaknya. Oleh karena itu, sebaiknya jika anda ragu, anda bisa meminta bantuan servis oven untuk membersihkannya.

Bagian luar

Untuk bagian luar oven, sebaiknya dibersihkan secara rutin setiap hari baik itu dipakai ataupun tidak. Hal tersebut agar oven tidak berdebu atau kotor. Membersihkannya juga cukup mudah, cukup gunakan lap dan bersihkan hingga bersih.

Itulah tips membersihkan oven agar kinclong seperti baru. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY