Jika Rupiah Terus Melemah Harga Rumah Terancam Naik 20-30%

0
98

Jika Rupiah Terus Melemah Harga Rumah Terancam Naik 20-30%

Chief Executive Officer Damai Putra Group, Alim Gunadi mengungkapkan dampak kenaikan suku bunga acuan BI menjadi 6,25% dan pelemahan nilai tukar Rupiah ke bisnis Properti.

Peningkatan suku bunga tentu saja erat kaitannya dengan kenaikan harga properti maupun beban bunga nasabah baru yang akan mengambil KPR maupu KPA. Selain itu kondisi ini juga akan berdampak ke developer yang baru akan melakukan pembangunan termasuk kenaikan bahan bangunan terkait valas.n

Jika Rupiah Terus Melemah Harga Rumah Terancam Naik 20-30%

Baca Juga: Beberapa Desain Rumah Unik yang Ada di Dunia

Jika Rupiah Terus Melemah Harga Rumah Terancam Naik 20-30%

Kerja sama pertukaran Kurs atau Currency Swap menjadi salah satu pilihan untuk menjaga ketahanan Manufaktur di saat kondisi mata uang Rupiah melemah

Naik turun nilai Rupiah memang bukanlah hal baru bagi kondisi keuangan negara kita. Lika liku perjalanan panjang dari masa ke masa telah negara lalui dan berhasil menguatkannya kembali. Dilihat dari sejarahnya yang dikutip dari berbagi sumber, nilai Rupiah pernah berada pada nilai Rp1.997 di tahun 1991. Namun kekuatan ini tidak bertahan lama hingga mengalami puncaknya pada Juni 1998 dimana nilai Rupiah jatuh pada angka Rp16.650 yang berakibat krisis moneter dan menjadikan angka ini sebagai nilai terendah Rupiah sepanjang sejarah Indonesia hingga saat ini.

Setelah mengalami masa sulit, Indonesia akhirnya bangkit dan didukung oleh nilai Rupiah yang mencapai Rp8.500 selama 3 tahun, tepatnya di tahun 2010 hingga 2012. Sedangkan di akhir April 2018 lagi-lagi nilai Rupiah lemah kembali menjadi Rp13.800 akibat nilai Dolar yang menguat secara global dan kini di bulan Maret 2020 nilai tukar Rupiah mencapai Rp16.000 atau mendekati nilai saat krisis moneter di tahun 1998. Lantas, mengapa nilai Rupiah bisa naik turun? Apa saja faktor yang menyebabkan ini semua terjadi?

Jika Rupiah terus melemah bahkan menyentuh Rp17.000 per Dolar AS maka harga properti untuk tipe rumah tertentu diperkirakan naik 20-30%. Oleh karena itu, Guna menghadapi volatilitas ini, pengembang properti dituntut untuk melakukan antisipasi lewat hedging.

Seperti apa dampak pelemahan Rupiah ke properti? apa soslusi yang dibutuhkan pengembang?

SHARE