Perbedaan Oven dan Microwave

0
669
Perbedaan Oven dan Microwave

Perbedaan Oven dan Microwave – Oven dan Microwave sama-sama menggunakan listrik untuk menghasilkan panas. Kedua benda tersebut juga memiliki bentuk yang hampir sama. Beberapa orang memang masih sulit membedakan antara oven dan microwave. Meskipun oven dan microwave terlihat serupa, keduanya memiliki fungsi yang sangat berbeda. Kesalahan saat beli sering menyebabkan kegagalan saat membuat makanan. Kesalahan ini juga merusak oven dan microwave karena tidak dirawat sesuai dengan fungsinya.

baca juga : 5 Kegiatan Saat Liburan Sekolah

Agar Anda tahu cara kerjanya, dan agar tidak bingung saat menggunakannya, berikut rangkuman perbedaan oven dan microwave :

Fungsi dalam penggunaan

Meskipun keduanya dapat digunakan untuk memanaskan makanan, oven dan microwave memiliki fungsi yang berbeda. Pada umumnya microwave digunakan untuk memanaskan makanan atau memasak makanan dalam waktu singkat seperti memanaskan pizza, sedangkan oven digunakan untuk  memanggang atau membakar seperti membuat kue.

Sistem kerja yang berbeda

Walaupun oven menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya, namun cara kerjanya berbeda. Oven menggunakan listrik atau gas untuk menghasilkan panas sehingga hasil akhirnya akan mematangkan makanan yang ada di dalam oven tersebut. Sedangkan microwave menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghasilkan panas. Gelombang tersebut akan terserap ke dalam makanan, sehingga makanan menjadi panas dan matang dalam sekejap.

Ragam dan jenis

Ada banyak ragam dan jenis oven. Ada oven gas dan listrik. Beberapa oven juga dilengkapi kipas dan lampu. Sedangkan microwave hanya berfungsi untuk memanaskannya. Jadi tidak lebih beragam dari oven. Namun saat ini telah banyak ditemukan  microwave yang memiliki fungsi yang mirip dengan oven.

Ukuran dan volume

Oven tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Oven ada yang berukuran kecil digunakan untuk memanggang satu porsi makanan tapi ada juga oven berukuran dua pintu. Umumnya oven dua pintu digunakan dalam skala industri. Sedangkan microwave hanya memiliki ukuran dan volume yang tidak terlalu besar karena hanya berfungsi untuk memanaskan makanan.

Alat yang boleh digunakan

Jangan menggunakan wadah plastik di dalam oven karena hanya akan merusak wadah. Ini karena oven menggunakan panas yang tinggi. Sementara itu, bahan keramik atau kaca bisa digunakan untuk memanaskan makanan di dalam microwave. Anda juga bisa menggunakan wadah plastik, yang terdapat keterangan microwave safe.

Hasil akhir makanan

Hasil akhir makanan yang dimasak dengan oven biasanya renyah dan matang merata. Oven juga digunakan untuk membuat kue basah, kue kering, ayam panggang, dll. Namun, Microwave biasanya memiliki hasil akhir yang kering sebab cara kerjanya dapat menyerap air.

Daya listrik

Oven mengkonsumsi lebih sedikit listrik dibandingkan dengan microwave. Sehingga dalam penggunaannya, penggunaan listrik di dalam oven lebih hemat dibandingkan dengan di microwave.

SHARE