Plafon Ruang Tamu Yang Elegan

0
960
Plafon Ruang Tamu Yang Elegan

Plafon Ruang Tamu Yang Elegan – Plafon rumah telah berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan ini bisa dilihat dari berbagai jenis plafon yang beredar dipasaran. Desain plafon yang berbeda-beda juga akan disesuaikan dengan konsep desain rumah. Pemilihan plafon biasanya dibuat sesuai dengan gaya arsitektur rumah dan ketinggian ruangan tertentu.

baca juga : 5 Saran Dalam Memasang Cooker Hood yang Wajib Diketahui!

Fungsi plafon adalah untuk mencegah percikan air jika terjadi hujan, dan untuk mengurangi panas matahari yang datang dari atas, serta membuat rumah lebih estetis, lebih bersih, dan untuk menutupi rangka atau kabel di atas bangunan.

Beberapa Plafon ruang tamu yang elegan yang bisa dijadikan inspirasi :

Plafon yang terbuat dari bahan PVC

PVC atau polivinil klorida merupakan salah satu jenis bahan untuk membuat plafon ruang tamu yang elegan. PVC terbuat dari bahan plastik yang biasa digunakan untuk membuat pipa air. Plafon ini sering digunakan pada bangunan seperti rumah sakit atau gedung layanan umum. Namun, Anda bisa menggunakan plafon jenis ini di rumah. Buat lebih elegan dengan plafon PVC kayu. Juga gunakan model lampu LED bulat atau tubular. Suasana ruang tamu  akan seperti rumah Jepang minimalis dengan lampu tersembunyi yang membuat nyaman.

Plafon yang terbuat dari bahan GRC

GRC atau Glass Fiber Reinforced Cement terbuat dari campuran fiber dan semen seperti namanya. Fiberglass lebih fleksibel, artinya dapat ditekuk dan disesuaikan dengan bentuk tertentu. Bahan plafon ruang tamu ini dengan kesan elegan, dan mudah dipasang sehingga menarik minat banyak orang. Gunakan lampu stik LED memanjang untuk lebih mempercantik tampilan ruang tamu yang elegan.

Plafon yang terbuat dari bahan Kayu

Plafon kayu bisa membuat rumah menjadi elegan dan klasik. Plafon kayu membuat suasana ruangan lebih nyaman dan sejuk. Apalagi pola serat kayu alami membuat langit-langit ruang tamu semakin menarik. Padukan dengan lampu gantung sederhana untuk mencerahkan ruang tamu.

Plafon yang terbuat dari bahan Triplek

Plafon triplek masih menjadi andalan sebagian besar rumah Indonesia. Meski harganya cukup terjangkau, mudah dipasang dan bisa dipasang sendiri, plafon triplek ini juga bisa membuat plafon ruang tamu menjadi elegan.

Mencoba tampil elegan dan terlihat minimalis, lampu lantai atau floor lamp bisa dijadikan andalan untuk menerangi langit-langit ruang tamu. Lampu dapat diletakkan di sudut-sudut ruang tamu.

Triplek biasanya dijual dalam bentuk lembaran. Tapi jenis atap ini mudah terbakar dan mudah bocor serta basah jika terjadi kebocoran dari atas. Sebelum memasang plafon ruang tamu triplek yang stylish, pastikan tidak ada kebocoran di dalam rumah.

Plafon yang terbuat dari bahan Gipsum

Plafon Gipsum ini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Plafon gipsum membuat ruang tamu yang terkesan elegan, dan cocok digunakan saat seluruh rumah berkonsep minimalis. Bahan gipsum mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Namun, karena daya serap airnya cukup tinggi, ada risiko kebocoran pada atap ini. Kesan plafon gipsum yang elegan di ruang tamu bisa diwujudkan dengan pemilihan warna putih dan ceruk yang terkesan lebih tinggi dari plafon rumah.

SHARE