Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah Semakin Nyaman

0
495
Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah Semakin Nyaman

Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah Semakin Nyaman – Bekerja kini tidak hanya dilakukan di kantor saja. Mengingat kemajuan teknologi yang semakin pesat, setiap orang bisa melakukan pekerjaannya dimana saja, termasuk di rumah. Nah, bagi anda yang suka bekerja di rumah, untuk menunjang produktivitas, tentu dibutuhkan ruang kerja yang nyaman dan tenang.

Sebaiknya rancanglah ruang kerja di rumah sesuai dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan yang anda lakukan. Ruang kerja sendiri bisa berbentuk privat maupun semi privat sesuai dengan kebutuhan. Masih banyak lagi hal yang harus diperhatikan agar ruang kerja di rumah jadi lebih nyaman. Penasaran? Yuk simak caranya berikut ini!

Baca Juga :


Berikut tips membuat ruang kerja di rumah semakin nyaman

Sesuaikan dengan pekerjaan yang dilakukan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah ketahui dahulu pekerjaan apa yang akan dikerjakan di rumah. Hal ini sangat penting guna menentukan model ruang kerja seperti apa yang cocok bagi pekerjaan anda.

Tentukan lokasi

Karena suasana yang sangat berbeda dibandingkan dengan kantor, bekerja di rumah bisa menjadi tantangan tersendiri. Hal ini tidak lain karena tidak adanya aturan di rumah seperti di kantor kebanyakan.  Tak hanya itu, bekerja di rumah juga bisa mendapatkan gangguan dari dalam ataupun luar. Salah satunya adalah kondisi rumah yang sedang ramai atau rasa malas melanda.

Oleh karena itu dibutuhkan lah lokasi yang tepat untuk ruang kerja anda di rumah. Ketahui juga apakah anda menyukai ruang kerja yang privat atau sedikit terbuka. Akses menuju ruang kerja dan ruang lain juga perlu diperhatikan demi memudahkan anda.

Tempat penyimpanan

Tempat penyimpanan juga menjadi elemen yang sangat penting untuk ruang kerja di rumah. Pemilihan tempat penyimpanan juga tidak bisa sembarangan. Anda harus menyesuaikannya dengan jenis barang yang akan disimpan. Anda bisa memilih meja yang memiliki rak dan lemari yang memiliki banyak tempat penyimpanan.

Biasanya hal yang paling berhamburan dan sulit disusun adalah berkas-berkas dan file pekerjaan. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan tempat penyimpanan khusus file dan kertas-kertas agar lebih rapi.

Perhatikan arus listrik

Karena bekerja di rumah, tentu konsumsi daya listrik akan semakin meningkat. Tentu saja anda komputer dan peralatan elektronik anda lainnya membutuhkan listrik kan? Apalagi kalau ruang kerja dilengkapi dengan AC. Nah, pastikan arus listrik di rumah anda cukup kuat untuk mengakomodasi segala kebutuhan anda.

Atur pencahayaan

Jika di ruang kerja anda memiliki jendela atau tempat masuk cahaya, sebaiknya tempatkan meja kerja anda di dekatnya. Cahaya matahari yang menyinari tempat kerja secara langsung dapat mencegah depresi dan membuat suasana menjadi lebih gembira.

Tak hanya itu, anda juga bisa menjadi lebih hemat energi karena tidak perlu menyalakan lampu pada saat siang atau pagi hari. Anda juga bisa meletakkan tanaman kecil di meja kerja anda. Mudah bukan?

Dengan tips diatas, diharapkan bekerja di rumah menjadi lebih nyaman. Itulah tips membuat ruang kerja di rumah semakin nyaman. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY