Ini nih Desain Masjid Unik dan Mengagumkan Meski Tanpa Kubah

0
390

Ini nih Desain Masjid Unik dan Mengagumkan Meski Tanpa Kubah – Salah satu hal yang paling identik dengan bangunan masjid tentu adalah kubah. Kubah sendiri selalu menjadi simbol bagi Masjid. Namun, di era sekarang yang semakin modern, terdapat banyak bangunan masjid yang unik dan tidak biasa, yakni tanpa adanya Kubah. Penasaran? Yuk simak langsung dibawah ini!

Baca Juga :


Berikut Desain Masjid unik dan mengagumkan meski tanpa Kubah

Masjid Kopeng Merapi – Yogyakarta

Ini nih Desain Masjid Unik dan Mengagumkan Meski Tanpa Kubah

Masjid Kopeng Merapi atau yang lebih sering disebut dengan Masjid Baiturrahman ini terbilang unik. Mengapa? Karena desainnya yang dipenuhi dengan bukaan kecil di seluruh dinding dan atap Masjid. Bukaan kecil tersebut merupakan jalur masuknya udara dan cahaya ke dalam Masjid.

Tak hanya itu, susunan dari bukaan tersebut membentuk kaligrafi lafadz Allah. Keren bukan? Masjid yang berlokasi di Dusun Kopeng, Sleman, Yogyakarta ini sangatlah sejuk karena berada di kaki gunung dengan temperatur suhu yang mencapai 16 derajat celcius. Untuk lantai Masjid-nya sendiri menggunakan material batu bata dari abu vulkanik dan batu lokal.

Masjid Raya – Padang, Sumatera Barat

Ini nih Desain Masjid Unik dan Mengagumkan Meski Tanpa Kubah

Merupakan salah satu Masjid terbesar di Sumatera Barat, Masjid yang lebih dikenal dengan nama Masjid Mahligai Minang ini merupakan hasil karya Rizal Muslimin. Desain arsitektur-nya yang modern membuat Masjid ini tampak unik dan keren meski tanpa kubah. Masjid ini juga hadir dengan desain ukiran khas Minang dan kaligrafi pada bagian eksteriornya.

Masjid Al Irsyad – Bandung, Jawa Barat

Ini nih Desain Masjid Unik dan Mengagumkan Meski Tanpa Kubah

Terletak di kompleks Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat, Masjid ini pernah mendapat penghargaan sebagai salah satu Masjid paling indah oleh National Frame Building Association.

Desainnya yang unik karena berbentuk kubus dan desain arah kiblat yang terbuka menjadi keunikan tersendiri dari Masjid ini. Cahaya matahari akan langsung masuk dari bagian depan Masjid ini karena desainnya yang terbuka.

Tak hanya itu, disekeliling kiblat juga terdapat kolam yang dapat memantulkan cahaya matahari. Masjid ini juga merupakan rancangan hasil karya dari Ridwan Kamil yang terinspirasi dari Masjidil Haram di Makkah.

Itulah Desain Masjid unik dan mengagumkan meski tanpa Kubah. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY