Tips Menabung DP Rumah Sambil Ngontrak

0
770
tips menabung dp rumah sambil ngontrak
tips menabung dp rumah sambil ngontrak

Tips Menabung DP Rumah Sambil Ngontrak – Tahun berganti tahun, pengeluaran semakin berat, dan tekanan batin untuk membeli rumah juga semakin mendesak. Mengingat uang kontrakan yang semakin mahal, membuat tekanan itu harus cepat ditepati, tetapi bagaimana bisa mempunyai rumah jika penghasilan anda pas-pasan?.

Kali ini kita akan membahas cara menabung DP rumah sambil menyewa rumah, anda harus kreatif dalam memanage keuangan anda, mengatur keuangan secara hemat. Mungkin.., mungkin akan terasa berat diawal, tetapi hal itu akan terbayar setelah anda memiliki rumah pribadi.

Jika sudah berbicara tentang harus hemat dalam memanage keuangan, maka anda pasti akan berfikir bagaimana caranya

Baca Juga :


Berikut tips menabung dp rumah sambil ngontrak :

 

Dimulai dari Rencana Tabungan yang Jelas
Sebelum mulai menabung, sangat penting untuk membuat target dan rencana keuangan yang pasti. Untuk mengajukan KPR, Anda akan membutuhkan uang simpanan sebesar 30 persen dari harga jual rumah.

Selain untuk uang DP, sisakan sebagian uang untuk biaya KPR dan lain-lain. Tentukan harga rumah yang pas dengan kemampuan angsuran bulanan Anda.

Supaya lebih jelas, Anda bisa berkonsultasi dengan agen atau pihak perbankan penyedia produk KPR. Jika sudah, maka buat target tabungan yang jelas.

Sebagai contoh: Dalam waktu 18 bulan ke depan, saya harus menabung hingga Rp60 juta untuk membayar uang muka dan biaya esktra (estimasi pembelian rumah dengan bujet Rp200 jutaan).

Tips #1 : Potong pengeluaran

Saatnya mulai menabung dengan mengurangi pengeluaran bulanan. Beberapa cara berikut ini bisa membuat Anda menghemat uang sampai dengan Rp1 juta dan 18 juta satu bulan. Sebagai contoh:

  • Berhenti keanggotaan gym (pusat kebugaran): Rp250 ribu perbulan
  • Mengurangi jadwal makan di luar: Rp250 ribu perbulan
  • Memotong anggaran belanja pakaian: Rp200 ribu perbulan
  • Belanja bulanan dengan merek/label harga termurah: Rp100 ribu perbulan
  • Berhenti berlangganan layanan televisi kabel: Rp200 ribu perbulan

Tips #2 : Bekerja sambilan

Jika Anda ingin menambah penghasilan bulanan, maka coba ambil pekerjaan sambilan sesuai dengan kemampuan Anda. Sebagai contoh:

  • Latihan secara rutin? Jalan-jalan keliling rumah di pagi atau sore hari bisa membuat Anda sehat tanpa harus ikut anggota gym.
  • Punya jiwa mengajar? Anda bisa membuat tutorial berbayar lewat video atau datang langsung dan menjualnya dengan tarif yang sedikit miring. Penawaran jasa pelatihan adalah cara paling mudah untuk mencari uang.
  • Senang hewan peliharaan? Sediakan rumah yang nyaman untuk tempat penitipan kucing atau anjing dan sewakan dengan tarif yang bersaing.

Tips #3 : Tetap konsisten dan menjual barang

Pikir dua kali sebelum mengeluarkan uang yang tidak perlu. Cara ini bisa membantu Anda mencapai target tabungan lebih cepat. Simak beberapa caranya berikut ini

  • Katakan tidak untuk liburan bersama teman. Anda bisa menghemat pengeluaran sampai Rp500 ribu perbulan loh.
  • Punya barang yang bisa dijual? Yuk ubah barang tidak terpakai menjadi uang lewat penjualan online marketplace atau membuka garage sale.
  • Dapat uang bonus bulanan? Langsung simpan ke dalam rekening tabungan sebelum terpakai untuk yang lainnya.

Tips #4 : Mencari teman tebengan/pindah kontrakan

Cara lain untuk meningkatkan pendapatan Anda adalah dengan mencari teman sekamar untuk berbagi tarif sewa. Jika tarif sewa semakin tinggi, Anda juga boleh mempertimbangkan untuk pindah kamar kosan yang lebih terjangkau.

SHARE

LEAVE A REPLY