Tips Untuk Hindari Penipuan Online

0
462
Tips untuk hindari penipuan online

Tips Untuk Hindari Penipuan Online – Perkembangan teknologi keuangan yang semakin canggih tidak hanya menciptakan kemudahan, tetapi juga risiko, seperti penipuan online.Salah satu penipuan yang kerap terjadi di dunia maya dengan menggunakan metode manipulasi sosial.

baca juga : Keunggulan Situs Properti secara Online

Tips untuk hindari penipuan online antara lain :

Pilih toko online yang terpercaya

Cobalah untuk membuat daftar kebutuhan yang ingin Anda sertakan dalam pengeluaran. Pilih toko online yang terpercaya dengan rekomendasi yang cukup baik. Juga, bandingkan dengan toko online lain untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar tidak salah memilih toko online. Perhatikan verifikasi e-commerce

Periksa kembali apakah toko online yang Anda pilih sudah terverifikasi atau belum. Sebaiknya jangan sembarangan mengklik link yang ada di SMS atau email, melainkan langsung mengunjungi situs e-commerce tersebut.

Teliti sebelum mengklik

Pelaku penipuan kerap mengirimkan pesan yang menggugah rasa ingin tahu atau menimbulkan kesan urgensi sehingga korban tidak sempat membaca isi pesan tersebut. Karena itu, korban sering mengklik tautan tanpa berpikir. Untuk menghindari penipuan, pastikan Anda hanya mengklik tautan dari sumber resmi, termasuk nomor telepon dan alamat email resmi.

Jangan bagikan PIN

Jangan pernah membagikan informasi sensitif seperti informasi akun, kata sandi, PIN, atau kata sandi satu kali dengan siapa pun. Perusahaan yang sah tidak pernah meminta informasi semacam itu kepada penggunanya. Misalnya, jika Anda menerima pesan teks bahwa pengguna telah memenangkan kompetisi, hubungi layanan telepon atau media sosial resmi lembaga tersebut.

Membayar dengan metode yang aman

Saat berbisnis online, terutama melalui website, pastikan website tersebut aman, yaitu menggunakan protokol https. Biasanya, situs web yang menggunakan protokol ini ditandai dengan gembok. Jika Anda ingin mentransfer uang melalui perbankan online, periksa nama rekening untuk melihat apakah cocok dengan nama perusahaan yang dituju.

Menwaspada nomor tidak dikenal

Jangan menanggapi pesan atau email dari nomor yang tidak Anda kenal, terutama jika pesan tersebut mencurigakan. Abaikan pesan atau blokir dan laporkan. Aplikasi seperti WhatsApp biasanya menggunakan laporan untuk mematikan akun tertentu.

SHARE