Berikut Kelebihan dan Kekurangan Memasang Skylight di Rumah

0
123
Berikut Kelebihan dan Kekurangan Memasang Skylight di Rumah

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Memasang Skylight di Rumah – Pemasangan skylight atau rooflight di rumah kini semakin populer. Buat kamu yang menyukai penerangan alami di rumah, skylight bisa menjadi pilihan yang tepat.

Skylight sendiri merupakan sebuah jendela berukuran besar yang dipasang di beberapa bagian tertentu di atap rumah. Memasang skylight memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak cahaya matahari yang masuk ke rumah.

Lantas apa saja sih kelebihan dan kekurangan memasang skylight di rumah? Buat kamu yang berencana untuk memasangnya, yuk simak info di bawah ini.



Baca Juga :


Berikut kelebihan dan kekurangan memasang skylight di rumah

Rumah dibanjiri cahaya alami

Biasanya alasan utama pemilik rumah memasang skylight di rumah adalah untuk dijadikan sebagai sumber penerangan alami. Karena posisinya yang berada diatas rumah, maka cahaya alami yang masuk ke rumah akan lebih maksimal.

Selain itu, cahaya yang masuk juga akan menghasilkan efek yang lebih dramatis dengan bias cahaya yang cantik. Ruangan rumah dengan warna terang seperti putih, krem, dan abu-abu muda akan terlihat lebih cerah dan megah berkat sorotan cahaya alami secara langsung.

Hemat biaya listrik

Alasan lain mengapa penggunaan cahaya alami makin digemari adalah untuk menghemat biaya listrik. Apalagi dengan adanya skylight di rumah, kamu bahkan tidak perlu lagi menyalakan lampu selama siang hari.

Dengan berkurangnya penggunaan lampu selama kurang lebih 12 jam sehari, tentu biaya listrik akan menjadi lebih hemat.

Menjadi ventilasi tambahan

Biasanya skylight memang sudah dirancang secara pakem dan tidak bisa dibuka. Namun ada juga skylight yang bisa dibuka tutup. Skylight jenis tersebut biasa disebut roof window.

Bila kamu memilih skylight jenis roof window, maka kamu bisa memiliki ventilasi tambahan di rumah. Kamu bisa sesekali membuka skylight tersebut untuk membiarkan udara segar masuk ke dalam rumah demi sirkulasi udara yang lebih lancar.


Biaya yang tidak murah

Perlu diketahui, pemasangan skylight di rumah memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Karena ukurannya yang besar, penggunaan material kaca yang banyak, dan tingkat kesulitan yang tinggi, membuat biaya pembuatan dan pemasangan skylight tidaklah murah.

Selain itu, tak sembarang kontraktor dapat memasang skylight. Hanya kontraktor yang ahli di bidang pemasangan skylight yang bisa memasangnya dengan baik dan tanpa cacat.

Jika skylight tidak dipasang dengan baik dan benar, maka akan membahayakan pemilik rumah.

Risiko kolaps

Jika pemasangan skylight tidak tepat dan rapat, maka beberapa risiko dapat mengintai pemilik rumah mulai dari kebocoran saat hujan, hingga kaca yang kolaps. Cuaca ekstrim juga bisa menjadi beban bagi struktur skylight.

Menjadi incaran maling membobol rumah

Ya, ini menjadi salah satu alasan besar para pemilik rumah kembali mikir-mikir lagi untuk memasang skylight di rumah. Maling bisa dengan mudah memanjat atap rumah dan memecah kaca skylight untuk masuk ke rumah.

Namun kamu bisa mengatasinya dengan memasang  teralis pada skylight untuk mencegah maling masuk ke rumah.

Itulah kelebihan dan kekurangan memasang skylight di rumah. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY