5 Tips Memilih Gudang Yang Baik dan Benar

0
5914
5 Tips Memilih Gudang Yang Baik dan Benar

5 Tips Memilih Gudang Yang Baik dan Benar – Gudang merupakan tempat yang dikhususkan untuk menyimpan barang dalam jangka waktu tertentu. Fungsi gudang juga digunakan sebagai tempat untuk mendistribusikan dan mengkonsolidasi barang.

Sebelum barang didistribusikan, biasanya barang yang baru diproduksi dari pabrik akan disimpan dahulu di gudang. Terdapat dua jenis aktivitas utama dalam pergudangan yaitu penerimaan dan penyimpanan. Oleh karena itu, pemilihan gudang yang tepat sangat penting dan harus diperhatikan.

Baca Juga :


Berikut 5 tips memilih gudang yang baik dan benar

1. Perhatikan lokasi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan lokasi. Pemilihan lokasi yang strategis sangat penting. Akses keluar masuk gudang juga harus mudah. Namun, sebelum itu anda harus tentukan dahulu, apakah gudang anda adalah untuk menyimpan barang hasil produksi atau bahan mentah.

Jika barang hasil produksi, carilah gudang dengan lokasi yang dekat dengan  tempat pendistribusian. Apabila barang yang disimpan adalah bahan mentah, carilah gudang dengan lokasi yang dekat dengan pabrik pengolahan. Dengan begitu, ongkos transportasi akan lebih hemat.

2. Perhatikan barang yang akan disimpan

Sebelum memilih gudang, alangkah baiknya untuk mengenal dahulu seperti apa barang yang akan disimpan di dalam gudang. Dengan begitu,anda akan dapat menentukan gudang dengan fasilitas yang cocok dan tepat.

3. Kredibilitas

Faktor yang harus diperhatikan sebelum memilih gudang adalah kredibilitas. Perhatikan apakah gudang yang anda pilih sudah kredibel atau belum. Anda dapat memeriksa dan meilhat rekam jejak gudang tersebut.

4. Sumber tenaga manusia yang tersedia

Dalam proses menyimpan barang di dalam gudang, tentu membutuhkan sumber daya manusia yang profesional agar barang yang disimpan tidak rusak. Pastikan gudang yang anda gunakan sudah menyediakan sistem management gudang dan juga ada sumber tenaga manusianya.

5. Cari gudang dengan harga yang sesuai

Analisis terlebih dahulu segala spesifikasi dan fasilitas yang ditawarkan oleh gudang tersebut. Apakah sudah sesuai dengan harga gudang tersebut. Jika perlu anda dapat membandingkan beberapa gudang dan memilih yang tepat.

Itulah 5 Tips memilih gudang yang baik dan benar. Mencari gudang memang tidak semudah mencari rumah. Banyak hal yang perlu di perhatikan. Anda dapat mencari gudang dijual di Medan dan kota-kota besar lainnya di Indonesia di Rumahdewi.com.