Dunton Hot Springs, Resor Mewah Yang Dulunya Bekas Kota Hantu

0
191
Dunton Hot Springs, Resor Mewah Yang Dulunya Bekas Kota Hantu

Dunton Hot Springs, Resor Mewah Yang Dulunya Bekas Kota Hantu –¬†Destinasi wisata saat ini semakin banyak ditemukan dan semakin unik. Namun mungkin sebagian orang akan mengurungkan niatnya jika tempat yang dituju adalah kota hantu. Tapi berbeda dengan kota hantu yang berada di barat daya pegunungan Colorado, Amerika Serikat ini yang telah berubah menjadi resor mewah dan unik.

Resor mewah yang bernama Dunton Hot Springs ini menawarkan destinasi wisata dengan pemandangan alam yang indah dan nyaman serta bebas dari hiruk pikuk kota. Sesuai namanya, disini juga terdapat sumber mata air panas yang menjadi andalan wisata bagi para pengunjungnya.

Baca Juga :


Dunton Hot Springs, Resor Mewah Yang Dulunya Bekas Kota Hantu

Dunton Hot Springs, Resor Mewah Yang Dulunya Bekas Kota Hantu

Sebelum menjadi destinasi wisata mewah seperti saat ini, dulunya Dunton merupakan sebuah lokasi pertambangan dan dipenuhi oleh wisma-wisma tempat tinggal para penambang. Sayangnya, pada tahun 1919, sebagian besar penambang mulai meninggalkan lokasi tersebut.

Dunton mulai ditinggalkan para penambang karena lokasinya yang terpencil dan jauh membuat pengangkuan hasil tambang menjadi lebih sulit dan memerlukan biaya besar. Pada akhirnya, kota ini pun berjuang sendiri dalam keterisoliran.

Hal ini terus berlanjut hingga sistem transportasi kereta api mulai masuk ke Dunton. Hal tersebut berimbas kepada angka penduduk di Dunton yang awalnya 500 orang menjadi berkurang drastis karena memilih pindah. Rumah-rumah kayu yang dibangun di sepanjang Sungai Dolores Barat juga mulai ditinggalkan.

Setelah mulai ditinggalkan, pada tahun 1970an hingga 1980an Dunton beralih fungi menjadi peternakan sapi. Lalu pada tahun 1990an, Dunton dibeli oleh Christoph Henkel yang menjadi pemilik Dunton Hot Springs sampai saat ini. Ia pun melestarikan dan merawat rumah-rumah yang telah ditinggal sebelumnya menjadi resor mewah.

Sebelum dijadikan resor mewah, Christoph Henkel melakukan renovasi besar-besaran terhadap semua bangunan yang ada. Menurutnya renovasi tersebut merupakan bagian yang paling sulit karena kebanyakan bangunan sudah hancur berantakan karena usianya yang sudah satu abad.

Kebanyakan lokasi bangunannya juga sudah dipindah dan disusun agar dapat menciptakan suatu komunitas yang kompak dan jarak antara satu resor ke resor yang lain. Lokasinya juga cukup berdekatan dan dapat ditempuh dengan jalan kaki.

Dunton Hot Springs, Resor Mewah Yang Dulunya Bekas Kota Hantu

Di area luar bangunan juga sudah dimodernisasi dan dilengkapi dengan fasilitas baru yang modern. Dunton Hot Springs menyediakan 12 penginapan yang berdiri diatas lahan seluas 80,9 hektar. Namun, para pengunjung dapat menikmati area seluas 647,4 hektar mencakup seluruh area resor dan lokasi alam sekitar yang ada.

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Dunton Hot Springs seperti memancing, sumber mata air panas, hingga menunggang kuda. Biaya menginap di Dunton Hot Springs berkisar antara 630 USD permalam untuk Echo Cabin hingga 2.100 USD permalam untuk kabin yang paling mewah yakni, Cabin Well House, Potter House, Vertical Log.

Itulah Dunton Hot Springs, Resor Mewah Yang Dulunya Bekas Kota Hantu. Ingin pergi kesana?

LEAVE A REPLY