Hal Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Kebakaran

0
2177
hal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran
hal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran

Hal Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Kebakaran – Siapa yang tidak takut dengan si jago api, tanpa ampun dia akan melahap semua yang bisa dia makan menjadi abu. Tentu kita semua takut si jago api, dan tentu tidak ingin hal sial tersebut terjadi kepada kita atau rumah kita. Tapi jika sudah bencana.., siapa yang tahu?, bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk kebakaran. Jika sudah terjadi, apakah kita akan diam saja tanpa melakukan apa apa?, sebelum api menjadi sangat membesar ada banyak hal yang bisa kita coba lakukan dan kita selamatkan (Jika memang api sudah tidak bisa dipadamkan, jika masih kecil, sebaiknya mencoba memadamkannya).

Baca Juga :


Berikut hal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran  :

 

  1. Jangan Panik

Wajar panik kondisi kebakaran, tetapi jika bisa, jangan panic, cobalah tenang dan pikirkan apa yang perlu anda lakukan, apa yang bisa anda selamatkan, atau berfikir cara memadamkan apinya (jika masih kecil), dan cobalah menghubungi pemadam kebakaran.

 

  1. Selamatkan Surat-surat berharga

Dari pada menyelamatkan benda benda lainnya, sebaiknya kalian menyelamatkan surat surat berharga, seperti surat rumah, akta lahir, ijazah pendidikan dll. Setelah menyelamatkan surat berharga, selamatkan barang berharga seperti emas atau berlian anda yang memiliki nilai jual tinggi, karena itu akan membantu jika memang rumah anda terbakar habis, tetapi sebelum menyelamatkan barang berharga itu, lihat situasi juga apakah memungkinkan.

 

  1. Selamatkan Nyawa Anda dan Keluarga

Menyelamatkan harta anda memnag perlu untuk membantu anda jika rumah anda terbakar habis. Tetapi, nyawa anda dan keluarga anda tetap lebih penting. Untuk apa harta anda selamat tetapi salah satu anggota keluarga anda ada yang tidak bisa selamat?, Harta juga menjadi tidak berarti bukan?

 

  1. Cari Tempat Yang Aman

hal penting lainnya yang harus Anda laksanakan jika terjadi kebakaran adalah cari tempat yang aman. Apabila anda di dalam gedung, segera masuk ke dalam tangga kebakaran. Usahakan juga segera keluar gedung atau bangunan dan berkumpul di tempat aman dan terbuka. Apabila terjadi di bangunan tingkat tinggi, Anda bisa mencari lokasi balkon agar terlihat tim evakuasi dari Dinas Kebakaran.

 

Itulah hal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.

SHARE