Kunci Untuk Menjaga Kebahagiaan Rumah Tangga

0
2020
kunci untuk menjaga kebahagiaan rumah tangga
kunci untuk menjaga kebahagiaan rumah tangga

Kunci Untuk Menjaga Kebahagiaan Rumah Tangga – Bagi orang yang sudah menikah, pernahkah kalian bertanya tanya tentang kunci kebahagiaan dalam rumah tangga?, kunci untuk mempererat hubungan keluarga agar tidak runtuh, kunci agar dapat tetap bersama hingga hanya kematiaanlah yang bisa memisahkan?. Jadi apa saja faktor yang mempengaruhi kunci kebahagiaan dalam berumah tangga sehingga bisa selalu langgeng?

Baca Juga :


Berikut kunci untuk menjaga kebahagiaan rumah tangga :

1. Pertahankan Cinta dan Jagalah Komitmen
Peliharalah rasa cinta dan jagalah komitmenmu terhadap pasanganmu. Cinta memang merupakan energi yang luar biasa untuk mengembangkan dan menyempurnakan kepribadianmu. Cinta juga akan membantu semua hambatan yang muncul ditengan perjalanan dalam sebuah rumah tangga. Tetapi perasaan cinta ini seringkali berubah-rubah seiring karena berbagai faktor. Pasangan yang sudah menikah, harus komitmen untuk setia dan menjaga pernikahan dalam janji sehidup semati. Nah disinilah peranan komitmen untuk bisa tetap menjaga sebuah hubungan walau dalam keadaan sesulit apapun.

2. Saling Mempercayai
Tanpa adanya rasa saling percaya antara suami dan istri, mustahil hubungan pernikahannya akan berjalan mulus. Kepercayaan mutlak diperlukan dalam sebuah hubungan untuk membuat rasa aman dan nyaman antar pasangan. Saling membangun kepercayaan antar pasangan juga merupakan perwujudan dari cinta yang dewasa. Kuncinya, jangan sia-siakan kepercayaan yang diberikan oleh pasanganmu, ingatlah jika sekali saja kamu merusak kepercayaan yang diberikan oleh pasanganmu, kelak nantinya pasanganmu akan sulit mempercayaimu lagi seperti sedia kala.

3. Kehadiran Buah Hati
Tak dipungkiri rasanya ada yang kurang ketika dalam sebuah keluarga jika belum mempunyai si buah hati. Kehadiran seorang anak tentu akan membuat suami istri semakin kompak karena memiliki tanggung jawab bersama untuk membesarkan, merawat, dan mencintai buah hati. Kehadiran seorang anak dalam sebuah hubungan rumah tangga akan menjadikan rumah semakin ramai, sehingga suami dan istri tidak akan pernah merasa kesepian.

4. Menjaga Romantisme
Kebanyakan, pasangan suami istri yang sudah cukup lama membangun hubungan rumah tangga tak terlalu cukup memperhatikan hal yang satu ini. Tak ada lagi kata-kata pujian, makan malam bersama, bahkan perhatianpun kini menjadi sesuatu yang langka. Padahal, menjaga romantisme sangat diperlukan oleh setiap pasangan agar hubungannya selalu terasa hangat dan nyaman. Memberikan bunga, saling memuji, menggandeng tangan atau sekedar berjalan bersama menyusuri tempat-tempat kenangan akan kembali menumbuhkan rasa cinta kepada pasanganmu.

5. Komunikasi
komunikasi merupakan salah satu eleman penting agar sebuah hubungan suami istri tetap langgeng. Hilangnya komunikasi antara suami dan istri sama saja dengan menghilangkan salah satu pilar dalam rumah tangga. Bagaimana mungkin jika sebuah hubungan suami istri akan mulus jika sekedar menyapapun enggan untuk dilakukan. Jika rumah tangga di ibaratkan sebuah motor, maka komunikasi adalah rodanya. Terbayang jika sebuah motor tak memiliki roda? Tak mungkin bisa motor itu akan berjalan.

6. Tetapkan Tujuan Bersama
Cobalah tetapkan tujuan bersama dengan pasanganmu, ini sangatlah penting untuk membuat sebuah hubungan semakin kompak. Ketika sebuah hubungan dalam rumah tangga memiliki sebuah tujuan, maka seluruh orang yang ada dalam hubungan itu akan saling bahu membahu mewujudkan tujuan itu, dan ketika tujuan itu tercapai, tentu ini merupakan suatu pencapaian yang sangat membahagikan bagi semuanya.

Itulah kunci untuk menjaga kebahagiaan rumah tangga

Sumber : www.qolbunhadi.com

SHARE