Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Memilih Rumah Pertama

0
262
Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Memilih Rumah Pertama

Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Memilih Rumah Pertama – Membeli rumah pertama tentu merupakan impian setiap orang. Bagi kamu yang sebelumnya belum pernah membeli rumah, banyak hal yang harus diketahui dan dipersiapkan sebelum memilih rumah pertama.

Tentunya kamu tidak ingin rumah pertama malah jadi tidak nyaman untuk ditinggali karena salah memilih bukan? Jangan khawatir, yuk simak beberapa kesalahan yang harus kamu hindari agar tidak salah dalam memilih rumah pertama.

Baca Juga :


Kesalahan yang harus dihindari ketika memilih rumah pertama

Tidak meminta saran pada agen properti profesional

Saat ini semua orang bisa mendapatkan informasi melalui internet. Namun dalam memilih rumah, saran dari profesional sangat membantu sekali. Para agen properti profesional bahkan memiliki akses informasi sebelum properti masuk ke pasar.

Nah, dalam mencari agen properti yang terpercaya juga sangat penting. Kamu bisa mengetahui sepak terjang agen properti dari berapa lama dan berapa banyak properti yang sudah dijual.

Tidak membuat penawaran

Hal satu ini sering kali terjadi saat seseorang ingin membeli rumah. Umumnya calon pembeli rumah hanya akan mengajukan penawaran saat ia benar-benar tertarik dan sudah serius untuk membeli rumah.

Nah, jika kamu melakukan hal tersebut, maka kamu tidak akan bisa mengetahui atau membuat perbandingan harga rumah. Sebaiknya selalu coba buat penawaran atau cari tahu harga rumah di tempat lain juga sehingga kamu bisa mendapatkan rumah dengan harga yang ideal dan sesuai.

Tidak memperhatikan kondisi rumah dengan detail

Tak sedikit orang yang terpesona langsung dengan penampilan luar rumah dan tidak memperhatikan kondisi rumah secara detail. Padahal hal terpenting dari membeli rumah adalah memastikan rumah yang dibeli dalam kondisi bagus dan layak tinggal.

Beberapa detail yang perlu untuk diperhatikan antara lain lokasi, kondisi halaman, kondisi rumah, keutuhan cat, desain interior, dan lain-lain.

Untuk lebih pasti, kamu bisa membuat survei lingkungan dahulu sebelum memastikan untuk membeli rumah tersebut. Pastikan apakah rumah tersebut berada di kawasan rawan banjir atau rawan macet? Apakah sering terjadi kriminalitas? Kamu juga bisa bertanya kepada warga sekitar.

Melupakan biaya ekstra yang harus dibayarkan

Buat kamu yang berencana untuk membeli rumah dengan KPR, maka terdapat beberapa biaya tambahan yang harus diperhitungkan juga. Misalnya seperti biaya materai, biaya notaris, biaya aplikasi, pajak properti, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika memilih rumah pertama. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY