Menabung Dengan Metode Kakeibo

0
564
Menabung Dengan Metode Kakeibo

Menabung Dengan Metode Kakeibo – Metode kakeibo adalah sebuah cara menabung dengan melakukan pencatatan keuangan secara manual demi mencapai tujuan tertentu. Cara pengelolaan keuangan menggunakan metode kakeibo cukup populer dan dikenal sangat efektif terutama di kalangan pekerja dan ibu rumah tangga. Metode kakeibo awalnya berasal dari Jepang.

baca juga : Tips Menabung DP Rumah Sambil Ngontrak

Menabung dengan metode kakeibo tidak hanya membuat kita lebih efisien, tetapi juga mendorong kesadaran emosional kita akan semua biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu, ketika kita dihadapkan pada keputusan untuk membeli barang-barang yang tidak perlu, kita dapat menolak desakan tersebut dan menghemat uang.

Biasanya cara pengelolaan keuangan dengan metode kakeibo adalah cara mencatat keuangan secara manual dengan kertas dan pulpen. Jika Anda mengelola uang masuk dan keluar menggunakan metode kakeibo, maka Anda akan menemukan bahwa, Anda dapat menekan biaya pengeluaran.

Berikut ada beberapa cara menabung dengan metode kakeibo adalah :

Catat semua pendapatan

Pertama adalah menuliskan semua penghasilan yang diterima di awal bulan, baik penghasilan rutin seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan.

Sisihkan uang yang mau di tabung

Anda juga harus menyisihkan uang yang ingin Anda tabung untuk bulan itu sebelum mengalokasikannya ke pengeluaran lain.

Untuk cara ini, Anda harus menyisihkan terlebih dahulu uang yang ingin disimpan. Anda bisa menghitung jumlah pengeluaran yang tepat setiap bulannya. Kemudian putuskan berapa banyak uang yang ingin Anda hemat.

Mencatat pengeluaran bulanan dengan terperinci

Sesudah Anda menyisihkan uang untuk ditabung, Anda juga perlu mengalokasikan sisanya untuk berbagai pengeluaran. Dalam metode Kakeibo terdapat empat kategori objek biaya antara lain :

  • Survival ( kebutuhan sehari-hari seperti biaya makan, tagihan, cicilan dan pengeluaran lainnya )
  • Optional ( kebutuhan sekunder meliputi hiburan, makan di luar dll )
  • Culture ( kebutuhan untuk mendapatkan informasi tambahan seperti buku, film, majalah, dll )
  • Extra ( pengeluaran lainnya, seperti membeli kado untuk ulang tahun teman anak atau koda untuk pernikahan teman atau saudara dll )

Dalam urutan kepentingan, biaya Survival harus diprioritaskan, diikuti dengan Optional, kemudian Culture, dan  yang paling akhir yaitu Extra.

Hindari godaan untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan

Untuk menghindari godaan, ingatlah apa tujuan keuangan jangka menengah dan panjang keluarga kecil Anda.Setiap godaan datang, ingat kembali tujuan anda menyisihkan uang.

Inilah beberapa cara menabung orang Jepang yang bisa Anda ikuti. Dengan mengikuti cara ini ,Anda bisa mengurangi pengeluaran bulanannya. Semoga bermanfaat buat Anda.

SHARE