Inilah 5 Alasan Kenapa Harga Properti Tidak Pernah Turun

0
488
Inilah 5 Alasan Kenapa Harga Properti Tidak Pernah Turun

Inilah 5 Alasan Kenapa Harga Properti Tidak Pernah Turun –¬†Banyak jenis investasi yang dapat anda lakukan saat ini. Mulai dari investasi saham, reksadana, obligasi dan yang paling terkenal yaitu investasi properti. Salah satu hal yang menyebabkan investasi properti menarik adalah nilainya yang nyaris tak pernah turun drastis.

Seperti fakta yang telah kita ketahui, luas daratan di bumi tidak pernah bertambah. Bahkan akhir-akhir ini cenderung berkurang. Di lain pihak, jumlah populasi manusia semakin meningkat dan membuat kebutuhan akan properti semakin meningkat.

Selain itu, faktor lain yang tidak kalah penting adalah lokasi. Setiap lokasi properti selalu berbeda-beda. Faktor kelangkaan dan keunikan properti inilah yang menjadi pola pikir mendasar bagi sebagian besar pebisnis untuk berinvestasi di bidang properti.

Baca Juga :


Berikut 5 alasan kenapa harga properti tidak pernah turun.

1. Kurangnya hunian

Hingga tahun ini, Pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR mencatat backlog atau kesenjangan kebutuhan perumahan di Indonesia masih sekitar 11 juta unit.

Seiring dengan pertumbuhan penduduk, jumlah ini bisa jhadi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Inilah kenapa harga properti selalu naik karena permintaan hunian yang meningkat sedangkan jumlah hunian tidak seimbang.

2. Sulit mencari rumah murah

Kebutuhan akan rumah murah sangatlah besar di Indonesia. Rumah ini ditujukan untuk keluarga yang berpenghasilan dibawah Rp 5 juta per bulan.

Untuk mengatasi problem ini, Pemerintah bersama sejumlah pemangku kepentingan bahu-membahu menyukseskan Program Sejuta Rumah yang diluncurkan sejak tahun 2015 silam. Hasilnya, di tahun 2016 pasokannya mencapai 805.169 unit rumah yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

3. Situasi pasar yang terbuka

Potensi pasar properti di Indonesia sangat terbuka luas untuk investor swasta di semua kelas, termasuk pasar kelas menengah ke bawah. Di mana hal ini tidak berlaku di luar negeri yang properti kelas menengah ke bawah diurus langsung oleh pemerintah.

4. Investor punya kendali sendiri

Jika Anda berinvestasi di sektor pasar modal seperti saham, reksadana, atau emas sekali pun, kondisi ekonomi secara global menjadi penyebab naik turunnya nilai investasi Anda. Hal ini tentu saja tidak dapat Anda kendalikan karena sifatnya yang mengikuti mekanisme pasar.

Inilah yang membedakan investasi jenis lain dengan properti, di mana harga akan cenderung selalu naik dan Anda dapat menentukan keuntungan investasi dengan cara memilih lokasi yang tepat maupun melakukan renovasi untuk meningkatkan nilai jual propertinya.

5. Tidak perlu dijual demi untung

Investasi di pasar modal dan barang berharga seperti emas mengharuskan Anda untuk melakukan penjualan saat harga naik, jika ingin mendapatkan keuntungan. Di lain sisi, ini tidak berlaku pada investasi properti, karena Anda dapat memilih untuk menyewakannya kepada orang lain.

Keuntungan inilah yang menjadikan investasi properti di kota besar tubuh pesat. Bahkan Jakarta saat ini menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat nomor tujuh se-Asia. Klaim tersebut merujuk Survei Urban Land Institute dengan masukan dari Pricewaterhouse Coopers

Itulah 5 alasan kenapa harga properti tidak pernah turun. Berminat berinvestasi di bidang properti?

LEAVE A REPLY