Lima Cara Mudah Memilih Karpet Untuk Rumah Anda

0
3461
Tiga Cara Mudah Memilih Karpet Untuk Rumah Anda

Lima Cara Mudah Memilih Karpet Untuk Rumah Anda – Karpet adalah salah satu dari desain interior ruangan yang sangat penting. Tidak ada yang dapat melengkapi ruang seperti karpet. Karpet tidak hanya menambah kesenangan, kehangatan, dan kenyamanan untuk setiap ruangan, tetapi juga menyempurnakan tekstur, warna, dan kedalaman estetika tempat tinggal Anda.

Tapi, seringkali membeli karpet membutuhkan biaya lebih. Dengan demikian, Anda perlu memilih karpet yang sempurna dan disukai sampai bertahun-tahun.

Untuk menghindari penyesalan dalam membeli karpet, Kara Cox dari Kara Cox Interiors memberi tahu cara mudah memilih karpet dan saat memilih area mana yang tepat untuk dipasangi karpet.

1. Tentukan dimensi karpet

Pastikan Anda memilih karpet yang sesuai dengan ukuran untuk ruangan, apalagi jika ingin memakai karpet dalam satu ruangan penuh. Beri perhatian khusus bagaimana karpet dapat menyatu dengan furnitur Anda.

“Karpet harus cukup besar untuk memuat furnitur Anda, setidaknya kaki depan (meja atau kursi), jika tidak bisa semuanya,” kata Kara.

2. Fungsi Ruangan

Untuk kamar tidur yang tidak terlalu banyak kegiatan dan lalu lalang, sebaiknya gunakan karpet dengan kualitas tinggi yang mewah dan lembut. Sama hal nya dengan ruang keluarga dan ruang tamu,  bisa menggunakan karpet yang tebal dan lembut. Berbeda dengan karpet pada ruang  makan, lebih bagus menggunakan bahan yang mudah dibersihkan.

3. Sederhana

Sementara beberapa dari kita tertarik ke arah warna-warna cerah dan pola yang aneh, Kara mengingatkan, kadang-kadang sesuatu yang terlihat kurang bermakna lebih.

“Karpet dengan serat natural dapat menjadi dasar netral untuk gaya desain kasual dan sederhana. Karpet ini biasanya murah dan mudah untuk diletakkan di setiap ruangan,” tutur Kara.

Ia juga mencatat, meskipun demikian, jenis bahan ini memang memiliki beberapa kelemahan.

Seringkali bahan ini tidak lembut untuk disentuh, bahkan untuk kaki anak-anak kecil dan sekali karpet bernoda, maka sulit dibersihkan.

4. Pertimbangkan pilihan material

Jika karpet serat alami tidak terdengar seperti pilihan yang tepat untuk Anda, Kara menyarankan karpet yang terbuat dari wol.

“Karpet wol memiliki daya tahan pakai terpanjang, karena mudah dibersihkan dan secara alami tahan noda terhadap lalu lintas kaki,” kata Kara.

Ia melanjutkan, karpet polyester dan nilon lebih murah dan tahan noda tetapi tidak mudah dibersihkan.

Kara lebih lanjut menjelaskan bahwa serat buatan, termasuk viscose, sutra imitasi, dan sutra, juga rentan terhadap pewarnaan dan sulit untuk dibersihkan. Namun kelebihannnya, material ini sangat ringan.

5. Sesuaikan dengan Anggaran

Faktor yang paling penting dalam membeli karpet adalah anggaran. Oleh karena faktor-faktor diatas akan sangat tergantung pada biaya yang dialokasikan untuk membeli karpet tersebut. Jika Anda menyisihkan cukup banyak dana untuk membeli karpet, tentunya kan sangat mudah menentukan jenis karpet seperti warnanya, bahannya, materialnya dan lain hal sebagainya. Namun jika hanya memiliki sedikit biaya untuk membeli karpet, tentu harus cermat dalam memilih dengan menyesuaikan beberapa faktor. Mintalah daftar harga pada toko  dengan spsifikasi rinci dari setiap karpet sehingga dapat membandingkan dan memutuskan mana yang terbaik.

 

Baca Juga :

Sumber : kompas.com

SHARE