Perancis dan China Bekerjasama Membangun Bangunan Ramah Lingkungan

0
64
Perancis dan China Bekerjasama Membangun Bangunan Ramah Lingkungan

Perancis dan China Bekerjasama Membangun Bangunan Ramah Lingkungan – Akhir-akhir ini hubungan antara China dan Amerika Serikat sedang memanas akibat perang dagang yang terjadi. Namun dibalik panasnya perang dagang tersebut, hubungan China dan Perancis justru semakin akrab. Kedua negara ini membuktikannya dengan semakin banyaknya kerja sama antar kedua negara tersebut yang terjalin.

Salah satunya adalah kerja sama di bidang arsitektur dan teknologi. Baru-baru ini pengembang asal China bekerjasama dengan Perancis untuk membangun sebuah megaproyek di Hangzhou, China. Bangunan yang akan dibangun bernama FrenchDreamTowers dan dirancang oleh XTU Architecs.

Baca Juga :


Perancis dan China Bekerjasama Membangun Bangunan Ramah Lingkungan

Perancis dan China Bekerjasama Membangun Bangunan Ramah Lingkungan

Bangunan ini memiliki desain yang modern dan futuristik. Bagian eksteriornya dihiasi oleh mikroalga diantara panel kaca. Mikroalga sendiri adalah tanaman yang berukuran sangat kecil dan ditemukan di wilayah perairan tawar dan laut. Sebutan lain untuk mikroalga adalah fitoplankton.

Kompleks bangunan ini sendiri terdiri dari 4 menara yang terintegrasi langsung dengan sebuah sistem yang dapat mengontrol kualitas air, sistem manajemen bangunan hingga penyimpanan energi dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, di setiap atap juga terdapat kolam berbentuk cekungan yang ditujukan sebagai tempat penampungan air hujan. Disekitar kolam juga terdapat vegetasi yang berfungsi untuk menyaring air hujan dan udara yang tercemar.

Desain bangunan ini juga dirancang untuk hemat energi. Bahkan terdapat berbagai macam tanaman, sayuran, bunga dan bahkan ikan yang berkembang di lingkungan gedung ini dan terintegrasi langsung ke dalam bangunan tersebut.

Bagian unik lain dari gedung ini adalah bagian fasadnya yang berbentuk layaknya tekstur lembaran kain apabila dilihat dari kejauhan. Pihak XTU Architects mengatakan bahwa desain gedung ini terinspirasi dari mode pakaian Perancis dan seni berkebun China.

LEAVE A REPLY