WC Umum Berumur 80 Tahun DiSulap Menjadi Rumah Mewah

0
1286
wc umum berumur 80 tahun
wc umum berumur 80 tahun

WC Umum Berumur 80 Tahun – Sekarang ini lagi tren rumah-rumah jadul yang puluhan tahun nggak kepake dibeli dan renovasi. Nggak lain sama yang dilakuin Laura Clark. Bedanya, Laura bukan beli rumah jadul puluhan tahun. Tapi, beli WC umum bawah tanah yang 80 tahun terbengkalai.

WC umum ini dibangun pada tahun 1929 dan sejak 80 tahun lalu udah nggak ada yang pernah pake lagi. IYYUUUHH. Arsitek lulusan Glasgow School of Art ini secara kebetulan nemuin WC umum tua ini di London.

Awalnya Laura berencana buat buka bar atau bioskop bawah tanah. Tapi sayangnya, karena kondisi tempat yang udah tua, Laura nggak dapet ijin walaupun udah tiga tahun wara-wiri bikun perizinan. Akhirnya, karena udah terlanjur jatuh cintah sama WC tua ini, Laura akhirnya mengajukan ijin menjadikan WC umum lapan puluh taun ini jadi tempat tinggalnya. APAAA!!

Banyak reruntuhan puing saat pertama kali WC umum dibuka kembali

w6441

Bau lembab dan busuk di seluruh ruangan

w6442

Sampah juga banyak

3

Lo pasti berpikiran kalo Laura udah gila, mau nempatin WC yang udah ditinggalin 80 tahun lamanya. Baunya kayak aaaaaapppaaaa?? Setannya kayak aaaapaaaa?? Saat Laura nemuin toilet ini di tahun 2005, yang ada hanya tumpukan sampah dan aroma busuk. Bahkan udah nutup idungpun aromanya masih tercium menyengat.

Tapi buat Laura yang baru lulus jurusan arsitektur, WC ini adalah sebuah hadiah. Setelah izin sudah keluar, Laura beli WC umum tersebut tahun 2011 dan merombak jadi tempat tinggal. Saat perombakan keadaan WC umum saat itu nggak karuan, bau busuk menyengat sampe sedikit banget pekerja bangunan yang bersedia membantu Laura.

Laura juga turun tangan merenovasi WC umum tersebut karena sedikit tukang bangunan yang mau bantu

4

Perlahan-lahan hasil renovasi mulai terlihat

w644

Setelah beberapa bulan, akhirnya WC ini pun udah lebih bersih dan luas. Karena ruangan bawah tanah lembab, Laura musti pake kayu khusus buat jadi pelapis dinding. Laura menghabiskan waktu lebih dari satu tahun buat merombak WC tua ini jadi sebuah tempat tinggal yang layak. Mewah bahkan.

Banyak orang yang awalnya ngejek akhirnya kaget dan kagum karena Laura bisa bikin WC tua ini jadi layak huni. Liat foto-foto ini, kebayang nggak kalo dulunya ini adalah WC tua 80 tahun?

Liat deh before after-nya

7

Kebayang nggak kalo ini WC umum umur 80 tahun?

9

Siapa yang mau bikin rumah kayak Laura??

12

Baca juga :

  1. 7 Ide Bisnis Buat Kalian Para Pencinta Hewan
  2. Lokasi Strategis Untuk Berjualan
  3. Wow, Di Yogyakarta Ada Toilet Bintang 5
  4. Tips membuat Gaming Room di rumah anda
SHARE

LEAVE A REPLY